Sejarah Singkat Kota Lubuklinggau Terlengkap

Posted on 17 views
Sejarah Singkat Kota Lubuklinggau
Logo Kota Lubuklinggau (Image source: google image)

INFOLLG.NETSejarah Singkat Kota Lubuklinggau Terlengkap – Sejarah kota yang memiliki semboyan Sebiduk Semareini bermula pada tahun 1929. Pada saat itu, Lubuklinggau adalah Ibu Kota Marga Sindang Kelingi Ilir dibawah Onder District Musi Ulu. Sedangkan Onder District Musi Ulu sendiri memiliki ibu kota yang bernama Muara Beliti, yang pada akhirnya tahun 1933 juga pindah ke Lubuklinggau.

Setelah itu, pada tahun 1942 sampai dengan tahun 1945 barulah Lubuklinggau menjadi Ibukota Kewedanaan Musi Ulu dan setelah kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1948 Lubuklinggau akhirnya menjadi Ibu Kota Pemerintahan Sumatera Bagian Selatan. Untuk dapat melihat dengan jelas, mari kita lihat sejarah kota Lubuklinggau dengan menggunakan tabel berikut ini:

Sejarah Singkat Kota Lubuklinggau Sejak Zaman Dahulu

TahunStatus Kota Lubuklinggau
1929Ibukota Marga Sindang Kelingi Ilir
1933Ibukota Muara Beliti (Dulunya Muara Beliti adalah ibukota Onder District Musi Ulu)
1942-1945Ibukota Kewedanan Musi Ulu
1947Ibukota Pemerintahan Sumatera Bagian Selatan
1948Ibukota Kabupaten Musi Ulu Rawas namun tetap sebagai Ibukota Karesidenan Palembang
1956Ibukota Daerah Swatantra Tingkat II Musi Rawas
1981Ditetapkan sebagai Kota Administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 tanggal 30 Oktober 1981
2001Ditingkatkan statusnya sebagai Kota berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 7 tanggal 21 Juni 2001. Tanggal 21 Juni 2001 ini juga diperingati sebagai hari jadi kota Lubuklinggau.
2001Ditetapkan sebagai Daerah Otonom pada tanggal 17 Oktober 2001

Geografi

Kota Lubuklinggau terletak pada posisi geografis yang sangat strategis. Kota ini terletak diantara tiga provinsi sekaligus, yaitu: Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan (Palembang). Tidak hanya itu, Lubuklinggau merupakan jalur penghubung antara Pulau Jawa dengan kota-kota yang ada dipulau Sumatera bagian utara. Sehingga tidak mengherankan jika pemerintah kota Lubuklinggau bekerja keras untuk mengembangkan kota Lubuklinggau menjadi Kota Metropolitan atau bahkan Kota Megapolitan. Sampai dengan saat ini, kota Lubuklinggau terdiri dari 8 wilayah kecamatan dan 72 kelurahan.

Kota Lubuklinggau memiliki beberapa bahasa diantaranya: Lembak (coel), Palembang, Musi, Jawa, Komering, Rawas, Lampung, dan tentu saja bahasa Indonesia. Nah, untuk luas daerahnya sendiri, berdasarkan Undang-undang no. 7 Tahun 2001, luas wilayah kota Lubuklinggau adalah 401,5 kilometer persegi atau 40.15 hektar. Total luas ini terbagi menjadi dua wilayah sebagai berikut:

  • Wilayah Darat = 360.74 km2 (139.28 mil²)
  • Wilayah Air = 40.76 km2 (15.74 mil²)

Secara strategis, Lubuklinggau terletak pada posisi 102º40’0”-103º0’0” BT dan 3º4’10”-3º22’30” LS yang berbatasan langsung dengan kabupaten Rejang Lebong (Bengkulu). Untuk batas-batas secara administrative dapat anda lihat pada table berikut ini:

Batas-batas administratif Kota Lubuklinggau

PosisiPerbatasan
Sebelah UtaraKecamatan BKL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas.
Sebelah TimurKecamatan Tugu Mulyo Dan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas.
Sebelah SelatanKecamatan Muara Beliti Dan Provinsi Bengkulu.
Sebelah BaratProvinsi Bengkulu

Nah, bagaimana? Apakah anda sudah ingat sejarah singkat kota Lubuklinggau yang telah kami berikan? Sebagai generasi muda dan generasi penerus bangsa, kita wajib mengingat atau paling tidak mengetahui sejarah-sejarah kota yang ada di Indonesia ini, terutama kota tempat tinggal kita. Semoga bermanfaat ya dan terima kasih.

^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *