Sejarah Wisata Bukit Sulap Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan

INFOLLG.NETSejarah Wisata Bukit Sulap Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan – Apakah Anda sedang liburan di Lubuklinggau? Kebingungan mencari destinasi tempat berlibur disini? Mungkin Anda bisa pergi ke Bukit Sulap.

Bukit sulap adalah salah satu destinasi menarik yang wajib Anda kunjungi ketika jalan-jalan atau liburan ke Kota Lubuklinggau. Nah, sebelum Anda pergi kesana, mungkin ada baiknya simak dulu sekelumit sejarah dan sedikit cerita mengenai Bukit Sulap berikut ini:

Sejarah Wisata Bukit Sulap Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan

Sejarah Wisata Bukit Sulap Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan

Lubuklinggau adalah salah satu kota yang ada di provinsi Sumatera Selatan yang menawarkan banyak destinasi menarik untuk menghilangkan penat. Salah satunya adalah area pegunungan kawasan yang sangat dekat dengan jajaran bukit barisan, Bukit Sulap.

Alamat Lengkap Bukit Sulap Lubuklinggau

Bukit Sulap adalah puncak tertinggi dari kawasan perbukitan yang berada di Jln. Bengawan Solo, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Bukit Sulap berada di ketinggian 700 meter diatas permukaan laut dan merupakan salah satu paru-paru kota Lubuklinggau yang paling besar. Tempat wisata yang satu ini hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer dari pusat kota Lubuklinggau.

Jadi, sangat pas dan mudah sekali untuk dikunjungi. Jika Anda berada di seputaran pusat kota, maka Anda hanya membutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai disana dengan menggunakan kendaraan bermotor (mobil/motor).

Selain itu, Bukit Sulap juga menyediakan area yang nyaman dan sejuk untuk Anda bersantai. Hal ini karena masih banyaknya pepohonan yang memberikan nuansa alami dan asri.

Mengapa Namanya Bukit Sulap? Emang Bisa Main Sulap?

Mendengar namanya, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bukit ini diberi julukan sebagai ‘bukit sulap’. Bukan karena yang memberinama adalah seorang pesulap lho ya…, tapi hal ini dikarenakan bukit sulap memiliki bentuk yang sangat berbeda apabila dilihat dari berbagai sudut pandang.

Bahkan, tidak jarang bukit ini akan menghilang di waktu pagi hari dan akan muncul kembali pada waktu siang harinya. Bukan…bukan menghilang sungguhan. 😀 Bukit sulap menghilang dipagi hari dikarenakan adanya kabut yang sangat tebal sehingga menutupi bukit ini menjadi seolah-olah menghilang. Hal ini jugalah yang membuat orang menjulukinya sebagai ‘Bukit Sulap’.

Galeri Foto Bukit Sulap Kota Lubuk Linggau

bukit sulap

@april_sj01

dari atas bukit sulap

@april_sj01

bukit sulap dari atas

@palembangterkini

image.google.co.id

image.google.co.id

image.google.co.id

image.google.co.id

@sitaark

@piang_putra

@desylesita

@meddi_annugra

@aryani_ali

Keunikan-keunikan di Bukit Sulap yang Wajib Anda ketahui

Adanya bambu yang batangnya berwarna seperti bamboo pada umumnya, namun rantingnya berwarna kuning dan beduri. Mungkin ada ditempat lain, tapi jarang banget kan? 😀


Di lereng bukit ini juga terdapat aliran sungai yang sangat bening dan jernih. Aliran Sungai Kesie ini berasal dari pegunungan jadi pasti sueeegeerrr banget.


Bukit sulap sangat direkomendasikan bagi Anda yang sangat mencintai Alam. Jadi, banyak para pencinta alam mendaki bukit ini disetiap week-end nya. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai di puncak. Hmm…mmm lumayan juga. Tapi tenang, semua pasti terbayar dengan keindahan yang diberikan. 😀


Di lereng bukit sulap juga terdapat situs yang kaya akan sejarah. Situs itu berupa makom yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, terutama masyarakat kota Lubuklinggau dan Musi Rawas. Ada yang tau? Udah pernah diceritaini disini ya:

Baca Juga: “Legenda Cerita Bujang Kurap Lubuklinggau dan Legenda Danau Rayo”


Disini juga adalah inclinator lho…. What? Inclinator? Apa itu? Yup, inclinator adalah sebuah sarana transportasi yang biasa digunakan diarea yang memiliki kemiringan yang cukup ekstrim (kurang lebih 45 derajat).

Panjang inclinator di Bukit Sulap  sekitar 600 meter yang dibagi menjadi 4 shelter. Berikut ini rinciannya:

  • Shelter A-B = 260 meter dengan kemiringan 22 derajat
  • Shelter B-C = 180 meter dengan kemiringan 35 derajat
  • Shelter C-D = 160 meter dengan kemiringan 40 derajat

Inclinator ini biasa digunakan di Negara-negara eropa lho. Wow! Keren kan Lubuklinggau… Anda wajib nyobain kalo datang kesini ya. 😀 Oh ya kalo di Linggau umumnya masyarakat menyebut inclinator ini dengan sebutan kereta gantung bukit sulap.


Demikianlah informasi mengenai “Sejarah Wisata Bukit Sulap Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih.

Bukit Sulap Kereta Gantung Kota Lubuklinggau Lubuklinggau Trip Wisata

Author: 
author
Sukses bukanlah milik mereka yang pintar dan cerdas. Sukses adalah milik mereka yang memiliki mimpi dan berjuang mati-matian untuk menggapai mimpi itu!

Leave a reply