Wisata Danau Aur Sumber Harta Musi Rawas? Begini Sejarah Lengkapnya!

Posted on 3 views

INFOLLG.NETWisata Danau Aur Sumber Harta Musi Rawas?Danau Aur saat ini adalah salah satu tujuan utama masyarakat Mura (Musi Rawas), Lubuklinggau, dan sekitarnya untuk menikmati keindahan alam.

Objek wisata Danau Aur ini sangat diminati terutama pada saat hari libur. Masyarakat tidak pernah ragu untuk membawa serta seluruh anggota keluarga untuk bersama-sama bersantai menikmati hidup.

Tidak hanya itu, saat ini objek wisata Danau Aur juga sering dijadikan tempat untuk hunting foto bahkan ada juga yang foto prewedding disini.

Wisata Danau Aur Sumber Harta Musi Rawas? Begini Sejarah Lengkapnya!

Wisata Danau Aur Sumber Harta Musi Rawas Begini Sejarah Lengkapnya

Sejarah Danau Aur

Danau Aur sebenarnya adalah merupakan induk irigasi dari Sungai Aur. Danau ini, merupakan rawa di bagian hulu sungai aur yang berfungsi untuk mengaliri sawah masyarakat sumber harta. Dengan luas sekitar 40 hektar dan sedalam 20 meter, danau ini mulai berdiri pada tahun 2011.

Pada awal didirikannya, Danau Aur ini tidak terlalu ramai. Namun, melihat potensi yang diberikan oleh Danau ini, maka pemerintah daerah kabupaten Musi Rawas akhirnya terus melakukan peningkatan yang signifikan. Hingga saat ini sudah banyak wisatawan, baik lokal maupun asing yang datang mengunjungi Danau Aur.

Alamat Lengkap Objek Wisata Danau Aur

Jika Anda ingin mengunjungi Danau Aur ini dari Kota Lubuklinggau, maka waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam. Jadi, Simpang Priuk Kota Lubuklinggau dapat Anda jadikan patokan untuk menju lokasi.

Setelah sampai di Simpang Priuk, maka lanjutkan menuju kecamatan Sumber Harta. Setelah sampai di desa Sumber Jaya, maka Anda dapat dengan mudah melihat objek wisata ini, mengingat lokasi Danau yang berada tepat di pinggir jalan.

Berikut adalah alamat lengkap Danau Aur:

[infobox style=”alert-dashed”]

Alamat Danau Aur

Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

[/infobox]

Galeri Foto Danau Aur Musi Rawas

Galeri Foto Danau Aur 1
@april_sj01
Galeri Foto Danau Aur 2
@april_sj01
Galeri Foto Danau Aur 3
@mrp2022
Galeri Foto Danau Aur 4
@antony_unja
Galeri Foto Danau Aur 5
@fahriyals

Perpustakaan Terapung Danau Aur, Pertama di Sumsel?

Perpustakaan Terapung Danau Aur
Perpustakaan Terapung Danau Aur

Setelah mengalami kemajuan yang sangat pesat, pemerintah daerah Sumatera Selatan akhirnya ikut serta mendukung untuk memajukan objek wisata ini. Hal ini ditandai dengan dibangunnya Perpustakaan Terapung pertama di Sumatera Selatan.

Perpustakaan terapung ini di resmikan tepat pada hari Selasa tanggal 5 bulan Januari tahun 2016. Bupati Musi Rawas, H. Riki Junaidi juga sangat berharap minat baca masyarakat akan terus meningkat dengan adanya perpustakaan ini.

Super sekali! Anda beserta keluarga dapat berekreasi sekaligus mendapatkan ilmu pengetahuan. Bagaimana? Anda tertarik untuk membaca di perpustakaan ini?

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia di Danau Aur

Harga tiket masuk sebenarnya tergolong sangat murah, yaitu hanya 2000 rupiah per orang. Bahkan anak kecil yang masuk tidak dikenakan biaya. Setelah ramai pengunjung dan peningkatan fasilitas, saat ini harga tiket masuknya dipatok 23 ribu rupiah untuk orang dewasa dan nol rupiah untuk anak-anak alias masih tetap gratis. 😀

Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan bermotor biaya parkir berkisar diatara 5 ribu -10 ribu rupiah.

Yang menjadi tujuan utama disini tentu saja rumah-rumah apung nya. Anda harus merogoh kocek sekitar 10 ribu untuk masuk dan sekali lagi anak kecil tidak dihitung lho. 😀

Nah, untuk memanjakan si Buah hati, Anda dapat menyewa Angsa atau Bebek-bebekan yang dapat Anda gunakan untuk mengelilingi danau. Biaya menyewanya hanya sekitar 20 ribu untuk sekali pakai.

*Biaya diatas dapat berubah sewaktu-waktu

Demikianlah informasi mengenai “Wisata Danau Aur Sumber Harta Musi Rawas?’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *