Daftar Kota Tertua di Indonesia Beserta Sejarah Singkatnya

Posted on 52 views

INFOLLG.NETDaftar Kota Tertua di Indonesia Beserta Sejarah Singkatnya – Berbicara mengenai Indonesia memang tidak ada habisnya. Banyak sekali ragam budaya, suku, lagu, kebiasaan, dan lain sebagainya yang dapat kita pelajari untuk dilestarikan.

Masih berbicara mengenai Indonesia. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai kota yang paling tertua yang ada di Indonesia. Apakah Anda sudah mengetahuinya? 😀

Mungkin juga Anda bertanya, Sebenarnya kota tertua di Indonesia Palembang atau Jakarta sih? Nah, daripada Anda bertanya-tanya, langsung saja simak daftarnya berikut ini:

Daftar 10 Kota Tertua di Indonesia Beserta Sejarah Singkatnya

Daftar 10 Kota Tertua di Indonesia Beserta Sejarah Singkatnya


1. Palembang


Palembang Kota Tertua di Indonesia ke-1

Yup, ternyata Palembang berada di urutan pertama sebagai kota tertua di Indonesia. Kota ini sudah ada sejak tanggal 16 Juni tahun 682 M. Wowww!!! Sudah lama sekali bukan?

Pada saat itu Palembang menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang kita ketahui mempunyai kekuatan maritim yang paling hebat se-Asia Tenggara. Negara-negara Barat menjuliki Palembang sebagai ‘Venesia dari Timur’ (Venice of the East).

Saat ini, Kota yang juga di kenal sebagai Kota Pempek ini berada di daerah Sumatera Selatan dengan luas wilayah sekitar 358,55 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 1,7 juta jiwa.

Selain berada di posisi 1 sebagai kota tertua, ternyata Palembang juga menjadi kota terbesar ke-2 di Indonesia setelah Kota Medan.


2. Magelang


Magelang Kota Paling Tua di Indonesia ke-2

Kalau Anda berfikir bahwa kota tertua selanjutnya adalah Jakarta, maka Anda salah besar. 😀 Mengapa? Karena Magelang, sebuah kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah adalah jawabannya.

Magaleng diresmikan menjadi sebuah yaitu sejak tanggal 11 April tahun 907 M. Entah berkaitan atau tidak, yang pasti di kota ini terdapat sebuah Candi yang sangat terkenal bahkan sempat menjadi salah satu keajaiban dunia, yaitu; Candi Borobudur.


3. Surabaya


Surabaya Kota Paling Tertua di Indonesia ke-3

Lagi-lagi, bukan Jakarta yang menjadi kota tertua selanjutnya. Di urutan ke-3 kita punya kota yang dikenal sebagai kota Pahlawan, apalagi kalau bukan Surabaya.

Surabaya, kota tertua ketiga yang ada di Indonesia berasal dari kata sura/suro yang berarti ikan, dan boyo atau baya yang berarti buaya. Jadi tidak heran apabila kita melihat hewan Ikan dan Buaya sebagai tugu ikon kota Surabaya.

Surabaya masih menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur, berulang tahun pada tanggal 1 April 1906 dimana bertepatan dengan terbentuknya Pemerintahan Kota Surabaya. Namun, sejak tahun 1975, HUT Kota Surabaya berubah menjadi tanggal 31 Mei 1923.

Saat ini Surabaya telah menjadi kota yang sangat terkenal. Beragam penghargaan baik dalam maupun luar negeri telah didapatkan. Maka tak heran apabila dengan luas 333,036 KM2 ada setidaknya 2,9 juta orang yang tinggal di kota ini. Jadi, gimana? Mau pindah ke Surabaya? 😀


4. Jakarta


Jakarta Kota Paling Tua di Indonesia ke-4

Akhirnya…!!! Jakarta!!! Nah, ternyata Jakarta adalah kota tertua ke-4 di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Ibukota Jakarta? Sebelum menjadi Daerah Khusus Ibukota, Jakarta terkenal dengan nama Batavia, Sunda Kelapa, dan Jakarta Tokubetsu Shi.

Kota Jakarta berdiri sejak tahun 1942 dengan luas wilayah sekitar 661,52 KM2. Hebatnya dengan luas wilayah tersebut, ada setidaknya 9,6 juta orang yang tinggal disana. Tak heran, kota ini juga terkenal panas dan macet. 😀 #peace Yakin siap pindah ke Jakarta?


5. Semarang


Semarang Kota Paling Tua di Indonesia ke-5

Semarang! Semarang berdiri sejak tanggal 2 Juni tahun 1547. Yup, kota ini adalah kota tertua ke-5 di Indonesia. Hebatnya, kota ini pernah menjadi tampat mampirnya Laksamana Cheng Ho. Ituloh, orang yang terkenal banget sebagai penjajah dari Negeri Cina. #GakKenal? 😀


6. Medan


Medan Kota Paling Tua di Indonesia ke-6

Horass!!! Yup, Kota tertua selanjutnya adalah Medan. Kota Medan berdiri sejak tanggal 1 Juli tahun 1590 oleh seorang Guru Patimpus Sembiring Pelawi.

Kota yang juga terkenal dengan Legenda Danau Toba nya ini adalah merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Hingga artikel ini di tulis, pada tanggal 1 Juli 2017 nanti, Medan telah berusia 427 tahun. Yeayy…!!! Selamat ya… 😀


7. Salatiga


Salatiga Kota Tertua di Indonesia ke-7

Salatiga? Betul 7 dong? Mungkin itu yang menyebabkan kota ini berada di nomor. 7? 😀 Hahaha Bukan…bukan itu sebenarnya. 😀 Lalu?

Mungkin sebagian dari Anda tidak akan menyangka bahwa kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini adalah kota tertua ke-7 di Indonesia.

Faktanya, Salatiga telah berdiri sejak tahun 750 M. Lahirnya kota Salatiga ini tertuang pada sebuah prasasti di Desa Kauman Kidul, Sidorejo. Prasasti tersebut adalah Prasasti Plumpungan. Yang dari Salatiga angkat tangannya…. 😀


8. Kediri


Kediri Kota Tertua di Indonesia ke-8

Kediri adalah sebuah kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Timur yang telah ada sejak tahun 879 M. Kota yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 63,4 KM2 ini ternyata dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia lho. Woww!!! Kecil-kecil cabe rawit. Lho kok? 😀


9. Makassar


Makassar Kota Paling Tua di Indonesia ke-9

Apa Kareba? Setelah Kediri, kita mempunyai kota tertua selanjutnya yaitu, Makassar. Kota Makassar bediri pada tahun 1607. Pada pertengahan abad 16, Makassar yang identik dengan Kerajaan Gowa dan Talo pernah menjadi pusat perdagangan di Indonesia bagian Timur.

Saat ini, Makassar adalah merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan yang mempunyai berbagai macam ikon kota. Salah satu yang terkenal menjadi ikon kota ini adalah Pantai Losari. Udah pernah kesana? #belum 😀


10. Bandung


Bandung Kota Paling Tua di Indonesia ke-10

Bandung adalah kota tertua ke-10 di Indonesia. Kota Kembang, Bandung didirikan pada tanggal 25 September tahun 1810 melalui SK Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels.

Selain terkenal dengan mojang nya yang cantik-cantik, kota ini juga terkenal dengan julukan Paris Van Java. Saat ini, Bandung masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang terkenal hingga mancanegara. Jadi, jangan heran apabila Anda akan menemui banyak bule di kota Ini. 😀

Beberapa peristiwa sejarah yang terkenal di Kota Bandung adalah peristiwa terjadinya Bandung Lautan Api dan Konferensi Asia Afrika (KAA).

[divider style=”dashed”]

Demikianlah informasi mengenai “Daftar Kota Tertua di Indonesia Beserta Sejarah Singkatnya’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

All Images source: Image.google.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *