Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya Terlengkap

Posted on 1,571 views

INFOLLG.NET – Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya – Sepakbola adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh 2 tim. Dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang pemain.

Namun, dalam pertandingan yang tidak resmi, maka permainan ini dapat dimainkan oleh belasan bahkan puluhan orang sekaligus. 😀 Gak percaya? Coba aja liat pertandingan bola anak-anak di kampung. Pasti rame banget!

Ga penting 11, 12, atau bahkan 20 orang yang main, permainan akan tetap berlangsung asal kedua tim mempunyai jumlah pemain yang seimbang. 😀 #truestory

Well, ngomongin sepakbola lagi nih! Kemarin kita sudah bersama-sama membahas mengenai ukuran gawang sepak bola. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai ukuran lapangannya. Are you ready? Let’s check it out!

Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya Terlengkap

Lapangan sepak bola adalah sebuah tempat/permukaan tanah lapang yang ditumbuhi rumput dan digunakan untuk melakukan permainan sepakbola. Rumput lapangan sepakbola umumnya adalah rumput alami, meskipun ada juga lapangan yang sudah menggunakan rumput sintetis. Tapi yang pasti warnanya tetap hijau! Kecuali kalo lagi kemarau, jadi agak kuning. 😀


Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola


 Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional dan Internasional Terlengkap


Kisaran Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar FIFA


Dalam permainan sepak bola, sebenarnya panjang dan lebar lapangan sangatlah bervariasi. Hal ini tergantung dengan kebijakan masing-masing pemilik lapangan tersebut.

Namun, FIFA yang merupakan induk organisasi sepakbola duni telah memberikan batasan mengenai kisaran dari panjang dan lebar sebuah lapangan sepak bola. Berikut ini adalah ukurannya:

  • Panjang Lapangan           : minimum 90 – maksimum 120 meter
  • Lebar Lapangan                : minimum 45 – maksimum 90 meter

[infobox style=”alert-gradient”]

Note: biasanya bentuk dari lapangan sepakbola adalah persegi panjang. Jadi, gunakan ukuran yang sesuai agar permainan bola menjadi lebih menarik.

Usahakan jangan menggunakan ukuran minimum bertemu dengan maksimum. Misal panjang lapangan 90 meter, lebarnya 90 meter.

Nah? Jadi apa lapangannya? PERSEGI? Aneh juga kan. 😀 Tapi, jangan pula lebarnya 45 meter, panjangnya 120 meter. Jadi aneh banget dong. Lapangan gitu…, bukannya maen bola malah lomba lari.

Trus gimana dong? Tenang, akan kami berikan berikan beberapa ukuran lapangan sepak bola dari beberapa stadion ternama di dunia. Jadi bisa menjadi patokan Anda apabila nanti mungkin ingin membangun lapangan sepak bola. Aamiin. 😀

[/infobox]


Ukuran Lapangan Sepak Bola dalam Pertandingan Nasional dan Internasional


Dalam pertandingan resmi nasional dan internasional biasanya ukuran lapangannya sudah pasti berbentuk persegi panjang. Mengapa? Karena kisaran yang dibuat adalah sebagai berikut:

  • Touch Line (Panjang Lapangan)     : minimum 90 – maksimum 110 meter
  • Goal Line (Lebar Lapangan)              : minimum 64 – maksimum 75 meter

Contoh Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola Santiago Bernabeu


  • Touch Line (Panjang Lapangan) : 105 meter
  • Goal Line (Lebar Lapangan)        : 68 meter
  • Kapasitas                                         : 81.044

Contoh Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola Old Trafford


  • Touch Line (Panjang Lapangan) : 105 meter
  • Goal Line (Lebar Lapangan)         : 68 meter
  • Kapasitas                                          : 75.635

Contoh Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola Arsenal (Emirates Stadium)


  • Touch Line (Panjang Lapangan) : 105 meter
  • Goal Line (Lebar Lapangan)       : 68 meter
  • Kapasitas                                        : 60.838

Contoh Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola Gelora Bung Karno (GBK)


  • Touch Line (Panjang Lapangan) : 110 meter
  • Goal Line (Lebar Lapangan)       : 70 meter
  • Kapasitas                                        : 80.838 tahun 2017
  • Kapasitas                                         : 120.000 tahun 1962 (dulu malah lebih banyak)

The touchline / Garis samping


The touchline / Garis samping

Adalah sebuah garis tepi yang memanjang di sisi lapangan, atau biasa juga disebut dengan garis samping. Panjang garis ini menunjukkan panjang dari lapangan tersebut. Biasanya sekitar 100-110 meter. Tergantung lapangannya. Udah di kasih contoh diatas ya. 😀

Apabila bola keluar melalui garis ini, maka permainan dihentikan. Permainan dimulai kembali dengan melakukan lemparan kedalam dengan menggunakan tangan.


The Goal Line / Garis gawang


Garis Gawang Sepakbola

Adalah sebuah garis yang sejajar dengan gawang, dimana garis ini juga menunjukkan lebar dari lapangan tersebut.

Apabila bola keluar (dilakukan pihak musuh) melalui garis ini maka permainan dihentikan untuk kemudian dimulai kembali dengan melakukan tendangan gawang.

Apabila bola keluar (dilakukan oleh anggota tim sendiri) melalui garis ini maka permainan dihentikan untuk kemudian dimulai kembali dengan melakukan tendangan penjuru atau korner oleh pihak lawan.


Halfway Line / Garis Tengah


Garis Tengah Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah garis yang terletak dibagian tengah lapangan. Garis ini akan membagi dua lapangan sama panjang.

Garis ini juga tidak menutup kemungkinan digunakan untuk mengetahui offside dalam pertandingan sepak bola.

Jadi inget Chelsea vs Barcelona di Liga Champion dulu. Torres akhirnya nyetak GOL. Googling aja ya untuk cerita lengkapnya. 😀


Center Circle / Lingkaran Tengah


Lingkaran Tengah Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah lingkaran besar yang terletak dibagian tengah lapangan sepak bola. Bagian tengah dari lingkaran ini digunakan untuk melakukan kick off tanda mulainya sebuah pertandingan sepak bola. Baik pada babak I maupun babak ke II. Lingkaran ini memiliki radius 9,15 meter.


Center Spot / Titik Tengah


Titik Tengah Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah titik yang terletak pada Center Circle. Titik ini adalah merupakan pusat dari lapangan. Titik ini pula merupakan tempat menaruh bola pada saat melakukan kick off pada babak I maupun ke II. Kickoff sendiri sekarang dapat dilakukan oleh 1 atau 2 orang pemain berada di area ‘Center Circle’.


Penalty Box / Kota Pinalti


Kotak Pinalti Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah area yang berada di dekat gawang. Panjang area ini sendiri adalah 40,32 meter, dengan lebar 16,5 meter di hitung dari garis gawang (goal line).


Goal Box / Kotak Area Gawang


Area Gawang Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah area yang terletak di depan gawang. Area ini lebih kecil dari kotak pinalti, yaitu hanya memiliki panjang 18,32 meter dengan lebar 5,5 meter dihitung dari garis gawang.

Pada area ini, seorang kiper sangat berkuasa dan lebih di prioritaskan. Misal pada saat kiper ingin menangkap bola tinggi di area ini, dan mendapat gangguan dari pihak musuh, maka biasanya pertandingan akan dihentikan, dan kiper diberikan pelanggaran untuk dilanjutkan dengan tendangan bola mati ke arah pihak musuh.


Penalty Spot / Titik Pinalti


Titik Pinalti Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah titik yang disediakan tepat di depan tengah gawang. Jarak titik pinalti ini adalah 11 meter dihitung dari garis gawang. Namun, orang-orang sering menyebutnya titik 12 pas!


Titik Tendangan 12 Pas / Titik 12 Pas


Adalah sebutan lain untuk titik pinalti. Hal ini mungkin dihitung dengan menggunakan satuan yard. Yang artinya 11 meter = 12 yard. Jadinya ya 12 PAS. #entahlah #mungkin 😀


Penalti Arc


Lingkaran Kotak Pinalti Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah area cekung setengah lingkaran tepat di belakang titik pinalti. Fungsinya untuk mengatur jarak pemain dengan bola ketika tendangan pinalti. Jadi, pada saat pinalti terjadi, tidak ada 1 pemain pun yang berjarak terlalu dekat dengan bola.


Corner Arc


Lingkaran Kecil Tendangan Sudut Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah area cekung seperempat lingkaran yang terletak di 4 pojok lapangan sepakbola. Area ini digunakan untuk tempat menaruh bola pada saat melakukan tendangan penjuru / korner dengan radius 1 meter.


Technical Area


Technical Area Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah area berbentuk kotak persegi panjang, dimana area ini terletak dibagian pinggir samping lapangan. Area ini juga biasanya berada tepat di depan bangku-bangku pemain cadangan.

Fungsi nya adalah sebagai tempat pelatih atau staf lainnya dalam memberikan instruksi atau arahan dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Misal, ketika seorang pelatih terkena kartu merah atau larangan bermain/mendampingi tim nya pada saat melakukan pertandingan, maka pelatih tersebut tidak diperbolehkan memasuki area ini.


Corner Flagpost


Tiang Bendera Lapangan Sepakbola

Adalah sebuah bendera yang dipasang di tiang yang terletak di 4 pojok lapangan sepak bola. Tinggi tiang ini sendiri bervariasi namun tidak boleh kurang dari 1,5 meter.

[divider style=”dashed”]

Demikianlah informasi mengenai “Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Image source: image.google.co.id
Source: Fifa.com dan wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *