Pengertian Internet dan Intranet Beserta Sejarahnya Terlengkap

Posted on 36 views

INFOLLG.NETSejarah, Contoh, Keuntungan, Kerugian, Kegunaan, Perbedaan, Serta Pengertian Internet dan Intranet – Pada era modern seperti saat ini, istilah internet tentu sudah taka sing lagi di telinga kita.

Bahkan ada istilah tiada hari tanpa internet. Kemana-mana harus ada internet. Kalo ga internetan langsung ‘mati gaya’. Bahkan ada orang yang tidur aja harus internetan dulu. Bener ga? 😀

Setelah sedemikian tergantung nya kita dengan internet. Apakah Anda sudah mengetahui apasih sebenarnya internet itu? Trus intranet itu apa? Gimana sejarahnya? Belum tau? 😀

Tenang, kerena pada artikel ini kita akan bahas tuntas mengenai pengertian internet dan intranet beserta sejarah, jenis, contoh, keuntungan, kerugian, dan fungsinya. Let’s go!

Pengertian Internet dan Intranet Beserta Sejarahnya Terlengkap

Sejarah, Contoh, Keuntungan, Kerugian, Kegunaan, Perbedaan, Serta Pengertian Internet dan Intranet


Pengertian Internet dan Intranet


  • Pengertian Internet

Internet adalah merupakan kependekan dari ‘Interconnected Network’ atau ‘Interconnected Networking’.

Dari kepanjangan Internet tersebut kita  dapat mengetahui bahwa Internet adalah sebuah jaringan sangat luas yang menghubungkan ‘perangkat-perangkat’ diseluruh dunia sehingga dapat terhubung, saling berinteraksi, berkomunikasi, transfer data, dan yang lainnya.

Jadi, dengan internet memungkinkan kita untuk dapat terhubung satu sama lain walaupun terpisah oleh jarak yang sangat jauh.

Pada awal kemunculannya, ‘perangkat-perangkat’ yang dimaksud diatas adalah hanya terbatas pada perangkat komputer saja.

Jadi, internet hanya terbatas untuk menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.

Namun, seiring perkembangan zaman, di era modern seperti saat ini, internet tidak hanya mampu menghubungkan computer saja, melainkan perangkat lainnya seperti Handphone, Laptop, Notebook, Tab, Smartphone, dan juga perangkat lainnya.

  • Pengertian Intranet

Intranet sebenarnya hampir sama dengan internet. Yang pada intinya, intranet adalah sebuah jaringan untuk menghubungkan komputer agar tersambung satu sama lain, namun terbatas pada tempat atau lokasi tertentu.

Intranet biasanya hanya digunakan untuk organisasi, perusahan tertentu saja. Jaringannya menghubungkan hanya terbatas pada organisasi/perusahaan itu saja. Sehingga tidak sembarang user bisa terhubung, hanya user yang memiliki otoritas (diperbolehkan) saja yang bisa terhubung dalam network (jaringan) tersebut.

Setelah mengetahui Pengertian Internet dan Intranet selanjutnya akan kita bahas mengenai sejarah hingga perbedaan internet dan intranet secara lengkap dan tuntas! Cekidot!


Sejarah Internet dan Intranet


Sejarah Internet dan Intranet

  • Sejarah Internet

Sejarah Internet bermula pada tahun 1969 melalui sebuah proyek ARPA yang bernama ARPANET. ARPANET sendiri adalah merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

Meskipun dimulai pada tahun 1969 namun sebenarnya secara umum ARPANET baru diperkenalkan pada bulan Oktober tahun 1972.

Proyek ARPANET awalnya digunakan hanya untuk keperluan militer, agar mampu menghubungkan komputer di daerah-daerah penting sehingga dapat menyebarkan informasi penting dengan cepat apabila dibutuhkan.

Pada akhirnya, proyek ARPANET yang dibuat oleh US Department of Defense atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat dinyatakan sukses. Karena pada saat itu beberapa komputer berbasis UNIX dapat saling terhubung satu sama lain untuk berkomunikasi bahkan dalam jarak tak terhingga melalui saluran telepon.

Pada awalnya, ARPANET hanya menghubungkan 4 universitas saja yang terdiri dari; University of California (UCLA), University of Utah, Santa Barbara, dan Stanford Research Institute.

Setelah proyeknya sukses dan banyak yang ingin bergabung, maka Proyek ARPANET dipecah menjadi 2 bagian, yaitu; ARPANET dan MILNET.

MILNET digunakan khusus untuk kebutuhan militer sesuai tujuan awalnya, sementara nama ARPANET lebih dikhususkan untuk keperluan non-militer, seperti dalam bidang pendidikan untuk menghubungkan universitas-universitas.

Gabungan kedua jaringan ini dikenal dengan nama DARPANET atau DARPA Internet yang nantinya disederhanakan menjadi Internet.

  • Sejarah Intranet

Sejarah Intranet dimulai sejak tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu kepada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan.

Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam internet.

Artinya, semua fasilitas intranet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas. Bahkan sudah merambah ke dunia pendidikan juga seperti sekolah-sekolah.

Intranet sebagai pendatang baru mengandalkan biaya yang murah, fleksibilitas, open standard, saat ini beberapa sekolah sudah menerapkan teknologi intranet. Seluruh komputer terhubung dengan satu jaringan lokal terbatas di sekolah.


Kegunaan dan Manfaat Internet dan Intranet


Kegunaan dan Manfaat Internet dan Intranet

  • Kegunaan dan Manfaat Internet

  1. Komunikasi super cepat. Jadi dengan bantuan internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang sangat jauh dengan cepat. Bahkan dengan orang yang berada dibelahan bumi lain. Misal dengan memanfaatkan internet, kita di Indonesia dapat berkomunikasi dengan orang tua kita yang berada di Mekah, atau di luar negeri hanya dalam hitungan detik.
  2. Sumber informasi. Dengan internet kita dapat mencari berbagai macam informasi dengan mudah, cepat, dan efisien. Bahkan saat ini, kita dapat mencari apapun di internet. Coba sebutin apa yang gak bisa kita cari di internet? Gak ada kan? Tinggal ketik di Google, semua muncul. 😀 Ya, seperti Anda yang sedang membaca artikel ini. 😀
  3. Pendidikan. Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak anak-anak sekolah, mahasiswa sangat terbantu dengan adanya internet. Mau ngerjain PR, tugas, skripsi, Tesis atau nyari bahan praktek, semua ada di internet. Asal tetep ya digunain secara baik, bijak, dan benar. 😀
  4. Sarana Hiburan. Yup, siapa yang saat ini lebih seneng berselancar di internet untuk nyari hiburan dibandingkan dengan nonton TV yang acaranya banyak gak bermutu? 😀 Jadi udah gak perlu dijelasin lagi, kalo Internet memberikan hiburan yang lebih menarik dan kita dapat memilih hiburan tersebut sesuai dengan keinginan kita.
  5. Jejaring sosial atau Media sosial. Jejaring sosial telah menjadi begitu populer bahkan saat ini mungkin sudah menggantikan jejaring fisik. Dengan adanya jejaring sosial, tentu sangat menguntungkan, misal menemukan teman lama, bisnis, dagang, atau bahkan ada juga orang-orang yang menemukan pasangan hidup mereka lewat jejaring sosial (internet).
  6. Bisa bayar pajak online.
  7. Bisa bayar tagihan lainnya secara online
  8. Bisa jual beli online
  9. Ah…banyak lagi deh yang lainyya
  10. Itulah tadi beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dari Internet. Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya. Anda ingin menambahkan? Boleh lho. 😀 Tambahkan di kolom komentar ya. Nanti Admin update artikelnya.
  • Kegunaan dan Manfaat Intranet

  1. Intranet dapat menjadi sebuah alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri.
  2. Intranet juga dapat digunakan untuk meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
  3. Intranet lebih hemat biaya sehingga mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
  4. Meningkatkan Kerja sama tim (untuk perusahaan, kantor)
  5. Hemat biaya.
  6. Dan yang pasti Lebih Aman
  7. Intranet juga dapat memberikan manfaat untuk sekolah, seperti:
    • Dapat membantu dalam membuat bahan ajar, pembelajaran di sekolah dengan lebih mudah.
    • Dapat membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
    • Dapat memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
    • Dapat membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
    • Dapat membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktik profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.

Kelemahan, Kekurangan dan Kerugian Internet dan Intranet


Kerugian dan Dampak Negatif dari Internet dan Intranet

  • Kekurangan dan Kerugian Internet

Selain keuntungan yang telah disebutkan diatas, ternyata internet juga mempunyai beberapa kerugian atau dampak negatif nya lho. Apa aja? Diataranya adalah sebagai berikut:

  1. Pencurian Informasi. Tidak bisa dipungkiri, informasi penting yang terdapat di internet dapat dicuri dan biasanya akan disalah gunakan sehingga menimbulkan kerugian. Terlebih informasi tersebut sifatnya sensitif dan pribadi. Jadi tetep hati-hati ya.
  2. Spamming seringkali dilakukan oleh bot/mesin mengacu pada pengiriman massal seperti e-mail dalam jumlah besar, biasanya spamming ini akan mengganggu si penerima. Karena apa yang dikirimkannya sebagian besar tidak diinginkan. Orang yang melakukan spamming disebut dengan spammer.
  3. Virus atau malware. Mendengarnya saja kita sudah pasti tidak menginginkannya. Kita memang sering terganggu oleh serangan virus. Biasanya virus ini berasal dari internet. Jadi jika kita terhubung ke internet, kita sudah pasti harus siap menerima serangan virus. Salah satu cara menangkalnya adalah dengan menginstal AntiVirus.
  4. Konten dewasa. .mmm I have nothing to say! 😀 Sudah menjadi rahasia umum bahwa di internet kita dapat dengan mudah mencari dan melihat konten-konten dewasa (pornografi). Nah, konten-konten ini apabila digunakan oleh ‘user yang belum siap’ atau anak-anak, tentu akan memberikan dampak negatif. Bahkan dapat memberikan dampak besar bagi tingkah lakunya. Anda orang tua? Sudah sepatutnya Anda memberikan kontrol dan memantau putra-putri Anda agar tidak…… #ahsudahlah sebelum terlambat. 😀
  5. Kecanduan Internet Membuat Hubungan sosial yang buruk di dunia nyata. Salah satu masalah yang ditimbulkan dalam penggunaan internet adalah ‘KECANDUAN’. Hal ini tidak terlepas dari ‘SANGAT LENGKAP’ nya internet/dunia maya melebihi dunia nyata. Hal ini juga tentu akan membuat hubungan sosial di masyarakat akan menjadi buruk. Buktinya: sebagian besar anak-anak, terutama yang sudah kecanduan internet, akan lebih senang bermain game online dibandingkan bermain dengan temannya di lapangan (dunia nyata).
  • Kekurangan dan Kerugian Intranet

  1. Perlu pembiayaan yang besar diawal, membangun sebuah jaringan intranet tentu perlu dana yang tidak sedikit. Kita harus bangun dari awal.
  2. Biaya perawatan dan perbaikan jaringan intranet yang harus dikeluarkan secara periodikal. Ada biaya rutin yang harus diperhitungkan.
  3. Pembiayaan faktor-faktor pendukung, untuk melatih para karyawan agar bisa menggunakan jaringan intranet serta aplikasinya diperlukan pelatihan.
  4. Untuk melatihnya tentu diperlukan tenaga ahli, untuk itu perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan dong. Gak mungkin kan biaya melatihnya gratis? 😀
  5. Membutuhkan resource yang besar, membangun jaringan intranet diperlukan resource yang melimpah agar kelak komunikasi bisa dilakukan dengan lancar. Untuk itu tentu diperlukan tenaga, waktu, dan juga biaya yang tidak sedikit.
  6. Miscommunication dan Misunderstanding, intranet menitikberatkan komunikasi secara tertulis sehingga bisa saja terjadi salah komunikasi dan salah paham. Ini akan membuat banyak waktu dan energi terbuang percuma.

Contoh Internet dan Intranet


  • Contoh Internet

Contoh internet dapat kita temukan dalam penggunaan layanan-layanan yang berbasi online (internet). Seperti, email, e-learning, e-banking, e-government, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh penggunaan e-banking dapat membantu pihak BANK dan nasabah nya saling terhubung sehingga memungkinkan nasabah melakukan pembayaran atau pembelian tanpa harus ke BANK terlebih dahulu.

Selain itu dalam dunia pendidikan, penggunaan fasilitas e-learning juga sangat membantu. Siapapun dapat belajar secara online melalui internet. Mau belajar bisa ke facebook, twitter, Wikipedia, youtube, BDBI, dan lain sebagainya.

  • Contoh Intranet

Contoh intranet dapat kita temukan di perusahaan, di kementrian industry, di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, di Sekolah, di Perpustakaan Daerah, dan lain sebagainya.

Misal contoh mudahnya, di perpustakaan sebuah universitas, menggunakan Intranet untuk akses komputer di lingkungan kampus.

Jadi, informasi mengenai jumlah buku, stok buku, peminjam, dan info lainnya dapat dengan mudah dilihat oleh ‘user’ lingkungan kampus. Misalnya oleh rektor, khusus mahasiswa, dan dosen.

Jadi digunakannya hanya khusus untuk lingkungan kampus, tidak umum. Jadi, informasinya lebih bersifat pribadi dan privat.


Perbedaan Internet dan Intranet


Perbedaan Internet dan Intranet secara lengkap

Berikut ini adalah table perbedaan antara internet dan intranet yang dapat Anda simak:

Tabel Perbedaan Internet dan Intranet

InternetIntranet
Jaringannya lebih luas tanpa batas (mendunia)Jaringan terbatas di lokasi tertentu
Sifatnya lebih umum dan terbukaSifatnya lebih pribadi
Internet dapat diakses sapapunTertutup dan privasi hanya untuk user tertentu
Di mulai 1969, di perkenalkan secara umum Oktober 1972Di kenalkan sekitar 1995
Penggunanya adalah siapapun bolehTidak sembarang user dapat mengakses
Perkembangannya sangat cepat dan pesatPerkembangannya tidak secepat dan sepesat Internet
Bisa digunakan dimanapun dan kapanpunTidak bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. *ada syarat
Saat ini biaya penggunaannya lebih murahSaat ini biayanya lebih mahal dari internet
Orang awam pun bisa menggunakannyaOrang yang ingin menggunakannya haruslah dilatih terlebih dahulu
Keamanannya kurang terjaminKeamanannya lebih terjamin dibanding internet
Konten internet lebih bervariasi dan lengkapKonten nya hanya terbatas dan biasanya telah diatur.

Demikianlah informasi mengenai “Pengertian Internet dan Intranet Beserta Sejarahnya Terlengkap’’ yang dapat kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel tentang pengertian internet dan intranet diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

All Images source: image.google.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *