Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Hewan

Posted on 34 views

INFOLLG.NETPengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Hewan – Hallo semuanya… Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian serta contoh adaptasi fisiologi pada manusia, maka kali ini akan kita lengkapi dengan contoh adaptasi fisiologi pada hewan. Seperti apa pembahasannya? Gak pake lama yuks langsung aja kita simak bersama-sama penjelasannya berikut ini:

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Hewan


Pengertian Adaptasi Fisologi


Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Adaptasi adalah suatu usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup dengan cara menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Selain manusia, ternyata hewanpun melakukan adaptasi. Selain adaptasi morfologi, salah satu adaptasi yang dilakukan oleh hewan adalah adaptasi fisiologi.

Ada yang tau apa itu adaptasi fisiologi?

Adaptasi fisiologi adalah suatu usaha makhluk hidup menyesuaikan fungsi kerja organ-organ tubuh agar mampu bertahan hidup di lingkungan.

Kata kunci dari adaptasi fisiologi ini adalah ‘fungsi kerja’. Jika kita tidak teliti dengan seksama memang adaptasi jenis ini agak sulit untuk kita temukan. Tapi ada kok…tenang. 😀

Nah, seperti apakah contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan di lingkungan agar mampu bertahan hidup? Let’s check it out!


Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Hewan


Berikut ini adalah beberapa contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan:

Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Ikan Air Tawar dan Ikan Air Asin Osmoregulasi
Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Ikan Air Tawar dan Ikan Air AsinOsmoregulasi (source: google image)

1. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan cacing tanah. Dimana cacing tanah mempunyai kelenjar kapur pada sekitar kerongkongannya. Hal ini merupakan adaptasi fisiologi (penyesuaian fungsi kerja) organ pada cacing terhadap tingkat keasaman dimana ia tinggal. Seperti yang kita ketahui bahwa kelenjar kapur tersebut dapat menetralkan keasaman makanan yang ia peroleh di lingkungan.

2. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan rayap. Hampir sama dengan cacing, rayap juga melakukan adaptasi fisiologi (penyesuaian fungsi kerja organ) dengan cara memanfaatkan flagelata agar dapat menghasilkan enzim selulosa. Tau dong fungsi enzim ini buat apa? Yup, bener banget, enzim ini berfungsi untuk bertahan hidup si rayap. Enzim ini akan membantu rayap dalam mencerna makanan (kayu) yang ia makan.

3. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan nyamuk. Tahukah Anda bahwa ternyata organ nyamuk melakukan penyesuaian fungsi kerja organnya (adaptasi fisiologi) dengan cara menghasilkan zat anti pembeku darah (antikoagulan). Tujuannya apa? Ya…agar si nyamuk dapat dengan mudah menghisap darah pada saat mencari makan. Seperti yang kita ketahui darah kan mempunyai sifat yang cenderung mengental.

4. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan cumi-cumi. Udah kebayang dong gimana adaptasi fisiologinya? 😀 Tepat sekali! Organ si cumi-cumi menyesuaikan fungsi kerja nya dengan cara menghasilkan zat seperti tinta yang berwarna hitam. Hal ini tentu saja agar si cumi-cumi dapat bertahan hidup di lingkungan.

5. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan kepiting. Kepiting melakukan adaptasi fisiologi dengan cara menyesuaikan kadar air dan keseimbangan ion tubuhnya. Kepiting mampu menyemprotkan air dari kelenjar dekat matanya. Hal ini bertujuan untuk mengatur volume air dan juga menyeimbangkan ion tubuhnya.

6. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan berdarah dingin dan hewan berdarah panas. Kedua jenis hewan ini melakukan adaptasi fisiologi dengan cara menyesuaikan fungsi organnya terhadap perubahan suhu. Hewan berdarah dingin kecepatan metabolismenya akan menurun di tempat dingin. Sedangkan hewan berdarah panas kecepatan metabolism akan naik jika berada didaerah panas.

7. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan tringgiling. Hewan jenis ini biasa tingal didaerah yang mempunyai ketersediaan air yang sedikit, sehingga tringgiling melakukan upaya bertahan hidup dengan cara beradaptasi secara fisiologi yaitu dengan cara mendapatkan air dari hasil metabolisme makanan yang diperolehnya.

8. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan Unta. Mirip dengan tringgilng, hanya saja unta mempunyai kemampuan untuk memetabolisme lemak tubuh menjadi air dan energi. Air tersebut disimpan dalam sebuah wadah dibagian atas tubuh. Tau dong? Yup, Punuk unta. Mengapa kemampuan fungsi organ tubuh unta dapat melakukan hal tersebut? Yak arena unta melakukan adaptasi fisiologi agar dapat bertahan hidup dilingkungan.

9. Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh hewan herbivora atau hewan memamah biak. Hewan jenis ini lebih cenderung memakan makanan yang menangandung selulosa yang tinggi (rumput, daun-daunan). Untuk mempermudah proses pencernaan maka fungsi organ pada hewan ini akan melakukan adaptasi yaitu dengan cara menghasilan enzim selulase. Sehingga proses pencernaan dapat berjalan dan dapat tercerna oleh hewan tersebut dengan baik.

Sebenarnya masih banyak lagi adaptasi fisiologi yang terjadi pada binatang/hewan. Anda ingin menambahkan? Silahkan ketik dikolom komentar ya. 😀

Demikianlah informasi singkat mengenai “Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Hewan’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *