Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Manusia

Posted on 48 views

INFOLLG.NETPengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Manusia – Hai hai, semuanya… Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tuntas mengenai adaptasi morfologi, maka kali ini akan kita lengkapi dengan adaptasi fisiologi.

Tidak hanya akan membahas pengertian adapatasi fisiologi, kita juga akan membahas tentang berbagai macam contoh adapatasi fisiologi yang terjadi pada makhluk hidup. Dalam artikel singkat ini kita hanya akan fokus ke adaptasi fisiologi pada manusia. Seperti apa pembahasannya? yuk langsung aja kita simak bersama-sama berikut ini:

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Manusia

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Manusia


Pengertian Adaptasi Fisologi


Adaptasi adalah suatu kemampuan dari makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga makhluk hidup tersebut dapat bertahan hidup.

Manusia yang dilengkapi dengan akal pikiran ternyata adalah salah satu makhluk hidup yang melakukan adaptasi. Adapun salah satu adaptasi yang dilakukan adalah adaptasi fisiologi.

Apa itu adaptasi fisiologi?

Adaptasi fisiologi adalah sebuah cara yang dilakukan oleh makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cara menyesuaikan fungsi kerja pada bagian organ-organ tubuh.

Adaptasi fisiologi jenis ini memang cukup sulit untuk dilihat secara kasat mata apabila kita tidak benar-benar memperhatikan. Tapi, pada pengertian diatas admin sengaja menggaris bawahi kata ‘fungsi kerja’, karena hal tersebut dapat menjadi kata kunci.

Lalu seperti apakah contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh manusia sebagai makhluk hidup? Yuk kita bahas…


Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Manusia


Berikut ini adalah beberapa contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh manusia:

1. Pertama, pada saat udara dingin, manusia cenderung ingin buang air kecil (kencing). Mengapa? Hal ini karena fungsi kerja bagian tubuh kita melakukan adaptasi. Adaptasi inilah yang disebut dengan adaptasi fisiologi. Karena udara dingin maka ginjal akan bekerja sedangkan kulit akan menutup. Pernah gak merasa kebelet pada saat udara dingin? 😀

2. Sebaliknya pada saat udara panas, kulit akan membuka untuk melakukan penguapan air sehingga pada saat panas manusia akan cenderung mengeluarkan keringat. Pernah bayangin gak ada orang kepanasan tapi gak keringetan? 😀 Pasti ‘fungsi kerja’ bagian tubuhnya sudah tidak berjalan maksimal, mungkin orang tersebut sedang sakit atau hampir… #ups 😀 Maaf becanda.

3. Oke, contoh adaptasi fisiologi yang ketiga adalah pada bagian mata manusia. Fungsi kerja mata manusia dapat beradaptasi pada intensitas cahaya yang diterima oleh mata. Dalam hal ini mata manusia melakukan adaptasi fisiologi yaitu dengan cara melebarkan pupil di tempat gelap, atau mengecilkan pupil pada tempat terang.

4. Keempat, berdasarkan penelitian, jumlah sel darah merah (Hb/Hemoglobin) orang yang tinggal di sekitar derah pantai akan lebih sedikit jika kita bandingkan dengan jumlah orang yang tinggal di sekitar daerah pegunungan. Mengapa? Hal ini dikarenakan ‘fungsi kerja’ organ manusia beradaptasi secara fisiologi. Untuk mengikat oksigen di derah tekanan parsial oksigen yang rendah (di pegunungan) maka tubuh membutuhkan lebih banyak sel darah merah. Sedangkan untuk mengikat oksigen di daerah dengan tekanan parsial oksigen yang tinggi (seperti dipantai) maka tubuh tidak memerlukan sel darah merah sebanyak di pegunungan.

5. Kelima, fungsi kerja jantung manusia pada atlet akan melakukan adaptasi fisiologi sehingga ukuran jantung atlet umumnya akan lebih besar daripada ukuran jantung manusia pada umumnya.

Demikianlah informasi mengenai “Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Manusia’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *