Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan

Posted on 36 views

INFOLLG.NETPengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan – Haloo… semuanya… Masih ingat dong kita kemarin membahas mengenai adaptasi fisiologi? Ternyata… tidak hanya hewan dan manusia yang melakukan adaptasi fisiologi lho, tumbuhan pun ternyata melakukannya. Nah, seperti apa pembahasannya? yuk langsung aja kita simak bersama-sama berikut ini:

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan
source: image.google.co.uk

Pengertian Adaptasi Fisologi


Lingkungan yang ada di bumi ini memang selalu berubah-ubah. Hal inilah yang menyebabkan makhluk hidup melakukan penyesuaian diri. Atau bahasa kerennya adaptasi. Apa itu adaptasi?

Adaptasi adalah suatu usaha yang dilakukan oleh makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya (yang berubah-ubah) sehingga dapat bertahan hidup.

Salah satu bentuk adaptasi yang dilakukan adalah adaptasi fisiologi. Apa itu adaptasi fisiologi?

Adaptasi fisiologi ialah sebuah bentuk usaha yang dilakukan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan tempat tinggalnya dengan cara menyesuaikan fungsi kerja organ tubuh.

Selain manusia dan hewan, ternyata tumbuhan pun melakukan adaptasi jenis ini. Lalu seperti apakah contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh tumbuhan sebagai makhluk hidup? Yuk kita bahas…


Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan


Sebenarnya adalah banyak bentuk adaptasi fisiologi yang dilakukan tumbuhan di alam sekitar kita. Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh tumbuhan:

1. Insektivora

Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan tumbuhan pemakan serangga seperti kantung semar atau venus. Insektivora atau tumbuhan pemakan serangga adalah salah satu jenis tumbuhan yang melakukan adaptasi fisiologi.

Adaptasi fisiologi ini dilakukan agar tumbuhan pemakan serangga dapat terus mempertahankan hidup. Lalu bagaimanakah ‘penyesuaian fungsi organ’ tumbuhan jenis ini?

Organ tubuh dari tumbuhan insektivora seperti kantung semar menghasilkan sekret atau lendir yang lengket pada bagian kantungnya. Hal ini bertujuan ketika ada serangga yang terperangkap pada kantung semar yang telah tertutup akan lebih kesulitan untuk meloloskan diri. Secar perlahan serangga tersebut pun akan mati.

2. Alelopati

Contoh adaptasi fisiologi yang dilakukan tumbuhan rumput ilalang atau rumput teki. Lalu bagaimanakah ‘penyesuaian fungsi organ’ tumbuhan jenis ini agar mampu bertahan hidup?

Organ dari tumbuhan seperti rumput ilalang dan teki akan menghasilkan senyawa kimia yang disebut Alelopati. Senyawa ini akan dikeluarkan disekitar tempat mereka tumbuh. Apa tujuannya?

Senyawa alelopati ini dapat menghambat pertumbuhan dari tumbuh-tumbuhan lain yang tumbuh disekitarnya. Jadi, gak heran lagi dong rumput-rumput dapat tumbuh subur… sedangkan tumbuhan jenis lainnya kesulitan tumbuh disekitarnya. Hehee 😀

3. Nextar atau Madu

Lho apa hubungannya Madu/Nextar dengan adaptasi fisiologi pada tumbuhan? Emang ada ya? Lanjut baca… 😀

Tumbuhan yang memiliki bunga tentu akan dihinggapi oleh lebah ataupun kupu-kupu, bukan?

Tumbuhan yang memiliki bunga tersebut melakukan ‘penyesuaian fungsi organ’ dengan menghasilkan nextar/madu.

Hal ini dikarenakan bunga menghasilkan madu atau nextar yang menjadi makanan dari hewan tersebut.

Nah, ketika hewan-hewan ini hinggap untuk mencari makanan, maka akan membantu proses penyerbukan. Dengan penyerbukan, maka tumbuhan akan bertahan hidup. 😀 Kira-kira begitu… hehee

Gimana udah jelas belum? Semoga udah jelas ya.

4. Wangi dan Aroma

Selain madu, tumbuhan juga ‘mengadaptasikan fungsi organnya’ agar menghasilkan aroma atau wangi bunga yang mengundang datangnya serangga. Hal ini juga bertujuan untuk membantu penyerbukan, sehingga tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup.

Demikianlah informasi mengenai “Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *