Makanan Khas Palembang Paling Enak dan Terkenal

Posted on 389 views

INFOLLG.NET Makanan Khas Palembang Paling Enak dan TerkenalPalembang adalah salah satu kota besar di pulau Sumatera. Kota ini tidak hanya memiliki beragam keunikan dan juga tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi tetapi juga memiliki berbagai macam makanan khas yang sangat recommended sekali untuk dicoba. Berikut ini kami telah merangkum 15 makanan khas Palembang paling nikmat. Langsung saja kita simak bersama-sama!

Makanan Khas Palembang Paling Enak dan Terkenal

Makanan Khas Palembang Paling Enak dan Terkenal


1. PEMPEK


Kuliner Khas Palembang Pempek
Pempek Palembang

Yup, tentu saja makanan khas Palembang yang satu ini merupakan makanan bersejarah dan paling nikmat sekaligus paling banyak dicari. Makanan yang biasa dinikmati bersama dengan cuko ini juga merupakan salah satu makanan khas Palembang yang telah terkenal di seluruh Indonesia bahkan Dunia.

Rasa khas dari pempek yang berbahan dasar dari sagu dan daging ikan segar asli, membuat makanan ini menjelma menjadi kuliner khas dan menjadi icon dari kota Palembang.

Bahkan tak hanya itu saja, masyarakat Palembang ternyata telah berhasil mengkreasikan pempek tersebut menjadi beragam jenis pempek lainnya seperti pempek telur ayam, pempek tahu, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek adaan, dan lain sebagainya.

[infobox style=”alert-gradient”]

*cuko: saus kental berwarna kehitaman yang terbuat dari rebusan gula merah, cabe dan udang kering.

[/infobox]


2. TEKWAN


Kuliner Khas Palembang Tekwan
Tekwan Palembang

Tekwan adalah makanan khas Kota Palembang berkuah berikut ini terbuat dari ikan dan sagu yang dibentuk kecil-kecil menyerupai bakso. Tekwan biasanya disantap dengan kuah kaldu udang, mi soun dan juga jamur kuping segar. Tekwan ini biasanya disantap dalam keadaan hangat dan pedas. Hm..mm sungguh nikmat!


3. MODEL


Kuliner Khas Palembang Model-palembang
Model Palembang

Makanan khas Palembang yang ketiga ini sebenarnya mirip dengan tekwan, namun yang membedakan adalah tekwan bentuknya kecil-kecil menyerupai bakso, namun kuliner ‘model’ dibentuk lebih menyerupai pempek yang kemudian dipotong kecil-kecil. Kuliner ini juga biasa disantap dengan kerupuk udang. Pada umumnya terdapat 2 varian dari Model, yaitu Model Ikan dan Model Gandum.


4. OTAK-OTAK


Kuliner Khas Palembang Otak-otak
Otak-otak

Otak-otak adalah makanan khas Palembang yang berbahan dasar dari daging ikan tenggiri atau ikan gabus yang digiling halus lalu dicampur dengan tepung sagu dan juga bumbu-bumbu.

Kuliner ini biasanya dibungkus menggunakan daun pisang yang dikedua ujungnya di ikat dengan lidi yang dibagi 2, lalu dipanggang dengan menggunakan ‘bara’ hingga harum. Berdasarkan jenis kuahnya, otak-otak dibagi menjadi dua macam, yaitu: otak-otak kuah cuko dan otak-otak kuah kacang. Namun yang pasti keduanya sama-sama nikmat!


5. LAKSAN


Kuliner Khas Palembang Laksan Tenggiri
Laksan Tenggiri

Masakan khas Kota Palembang selanjutnya adalah Laksan. Laksan merupakan makanan yang berbahan dasar pempek lenjer tebal yang dipotong melintang dan kemudian disiram dengan kuah santan pedas.


6. CELIMPUNGAN


Kuliner Khas Palembang Celimpungan
Celimpungan

Aneka masakan khas derah Palembang memang tidak pernah ada matinya. Sebut saja celimpungan. Yup, Celimpungan adalah makanan khas Palembang selanjutnya yang memiliki kemiripan dengna laksan. Yang membedakan terletak pada adonan pempek yang dibentuk mirip dengan tekwan yang lebih besar lalu disiram juga dengan kuah santan.


7. LENGGANG


Kuliner Khas Palembang Lenggang
Lenggang

Lenggang merupakan kreasi dari kuliner pempek yang dipotong-potong lalu dicampur dengan kocokan telur. Selanjutnya digoreng dengan menggunakan wajan pada minyak panas hingga coklat kekuningan. Makanan khas Palembang yang satu ini juga disantap dengan kuah cuko yang pedas manis dan yang pastinya nikmat.


8. TEMPOYAK


Kuliner Khas Palembang Tempoyak
Tempoyak

Tempoyak merupakan makanan khas yang berbahan dasar daging durian matang lalu di simpan didalam toples/wadah selama beberapa saat. Kalo bahasa ‘keren’ nya sih mungkin di fermentasi. Tempoyak juga biasa disantap dalam kondisi mentah sebagai pengganti sambal, atau bisa juga ditumis dengan irisan cabai bawang sehingga menyerupai saus sambal dan biasanya juga dicampur dengan ikan atau ikan teri.

Makanan khas Palembang yang satu ini mempunyai aroma yang sangat khas dan tidak dapat ditiru oleh makanan jenis lainnya. Apakah anda pernah mencium aroma nya? Mantap bukan?! ^_^ hehe. Oh ya, tempoyak ini merupakan makanan yang mudah dibuat dan awet tahan lama. Jadi, sangat cocok buat anak kos. 😀


9. KUE MAKSUBA


Kuliner Khas Palembang Masuba
Masuba

Kue masuba adalah kue yang berbahan dasar telur ayam/bebek dan susu kental manis. Biasanya kue ini dapat menghabiskan sekitar 28 butir telur. Yup, pastinya kuliner yang satu ini sangat berasa sekali aroma telurnya. Kira-kira mirip dengan kue lapis legit.

Hebatnya, makanan khas Palembang yang satu ini dulunya merupakan sajian khas Istana Kesultanan Palembang, meskipun saat ini kita dapat menjumpainya di seluruh Kota Palembang, terlebih pada saat hari raya.


10. BURGO


Kuliner Khas Palembang Burgo
Burgo

Makanan khas yang satu ini berbentuk lenjer berwana keputihan yang berbahan dasar dari beras yang diolah. Biasanya burgo disajikan dengan dipotong-potong lalu disiram dengan santan kuah kuning.


11. MARTABAK HAR


Kuliner Khas Palembang Martabak HAR
Martabak HAR

Apakah anda pernah mendengar atau bahkan menyantap Martabak Har? Martabak Har adalah sebuat makanan khas Palembang yang sebenarnya berasal dari India. Sesuai dengan namanya martabak ini pertama kali dibawa oleh Haji Abdul Razak sehingga martabak ini dikenal menjadi Martabak Har.

Bahan dasar tepung terigu yang ditambah telor bebek dan telor ayam lalu disajikan dengan kuah kari kambing yang dicampur kentang membuat kuliner ini merupakan salah satu perburuan kuliner utama para turis lokal maupun mancanegara .


12. PINDANG TULANG


Kuliner Khas Palembang PindangTulang
Kuliner Khas Palembang PindangTulang

Pindang Tulang merupakan makanan khas Palembang selanjutnya yang berbahan dasar tulang sapi yang masih terdapat sedikit daging dan sumsum didalamnya. Tulang ini lalu direbus dengan bumbu pedas. Sebenarnya kuliner ini mirip dengan pindang patin.


13. KUE SRIKAYO


Kuliner Khas Palembang Kue Srikayo
Kuliner Khas Palembang Kue Srikayo

Kue Srikayo adalah kuliner berbahan dasar telur dan daun pandan. Pada dasarnya makanan ini mirip dengan pudding yang berwana hijau yang dihasilkan dari daun pandan. Biasanya makanan khas Palembang disantap dengan ketan manis dan legit.


14. ES KACANG MERAH


Kuliner Khas Palembang Es-Kacang-Merah
Kuliner Khas Palembang Es-Kacang-Merah

Yup, makanan khas Palembang ini paling sering dipesan ketika kita sedang menyantap pempek. Es ini dicampur dengan gula jawa, santan, dan tak lupa kacang merah yang bertekstur lembut, sedang, ataupun sedikit keras. Yang pasti sangat cocok untuk mengobati rasa pedas dari cuko pempek. Hm…mmm yummy!!!


15. BOLU DELAPAN JAM


Kuliner Khas Palembang Kue Lapan Jam
Kuliner Khas Palembang Kue Lapan Jam

Makanan khas Palembang yang terakhir adalah kue bolu delapan jam. Sesuai dengan namanya, proses pembuatan kue ini memakan waktu 8 jam. Namun, semuanya akan terbayar dengan kelezatan yang sungguh nikat dari kue ini.

[divider style=”dashed”]

Demikianlah informasi mengenai “15 Makanan Khas Palembang Paling Enak dan Terkenal” yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis makanan khas Palembang lainnya yang mungkin belum kami berikan. Silahkan tambahkan pada kolom komentar yang tersedia. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat ya dan terima kasih. ?

*all images source: image.google.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *