Pengertian dan Macam Macam Peribahasa Beserta Contohnya

Posted on 831 views

INFOLLG.NET – Pengertian dan Macam Macam Peribahasa Beserta Contohnya – Bentuk bentuk peribahasa memang cukup banyak macamnya. Penggunaannya pun sangatlah bervariasi. Salah satu peribahasa yang populer kita dengar adalah “Tong Kosong Nyaring Bunyinya”.

Pernah dengar dong?  Tapi apakah Anda mengetahui artinya? Masih ke jenis peribahasa apa? Hayo…? Mungkin Anda kebingungan menentukannya. Oleh karena itu, Admin sengaja berikan artikel ini untuk menambah pengetahuan tentang peribahasa. Langsung aja kita simak bersama-sama! Let’s check it out!

Pengertian dan Macam Macam Peribahasa Beserta Contohnya

Pengertian dan Macam Macam Peribahasa Beserta Contohnya

Pengertian Peribahasa

Dikutip dari wikibooks.org, Peribahasa adalah sebuah kelompok kata/kalimat yang menyatakan keadaan seseorang, menyatakan maksud, ataupun hal yang mengungkapkan kelakuan, perbuatan, atau hal tentang diri seseorang.

Peribahasa sendiri pada umumnya mempunyai struktur susunan yang tetap dan biasanya menggunakan kalimat yang mengesankan dan mempunyai arti luas.

Persamaan ruang lingkup budaya adlaah salah satu factor penting dalam penyampaian peribahasa. Mengapa? Hal ini dimaksudkan agar apa yang disampaikan melalui peribahasa tersebut dapat dipahami oleh pendengar/pembacanya.

Ciri Ciri Peribahasa

Berikut ini adalah beberapa ciri dari peribahasa yang dapat Anda jadikan pedoman untuk menambah wawasan menegenai peribahasa, yaitu:

  • Peribahasa biasanya menggunakan kata-kata yang sudah tersusun pasti dan tidak bisa diubah.
  • Peribahasa sering digunakan untuk menyindir seseorang.
  • Selain itu, Peribahasa juga bisa digunakan untuk memperindah sebuah bahasa.
  • Kata-kata dalam Peribahasa biasanya enak didengar, teratur, dan mempunyai makna.
  • Peribahasa dibentuk atau dibuat dari sebuah pandangan dan perbandingan yang teliti terhadap alam sekitar dan juga peristiwa yang terjadi/berlaku di masyarakat.
  • Peribahasa biasanya akan melekat turun temurun di masyarakat karena diciptakan melalui sebuah ikatan bahasa yang padat dan indah.

Jenis dan Macam Macam Peribahasa

[infobox style=”alert-custom blue”]

Bidal/Pameo: adalah merupakan jenis dari peribahasa yang mana didalamnya terdapat sebuah sindiran, ejekan, atau bisa juga sebuah peringatan.

Contoh bidal/pameo: “Malu bertanya sesat di jalan”. Maksud dari bidal ini adalah orang yang malu bertanya kepada yang lebih cerdas, niscaya ia akan menjadi orang yang merugi.

[/infobox]

[infobox style=”alert-custom green”]

Pepatah: adalah merupakan jenis peribahasa yang mana didalamnya mengandung ajaran atau nasihat dari orang-orang tua zaman dahulu.

Contoh pepatah:

  • “Bagai bumi dan langit”. Maksud dari pepatah ini ialah dua hal yang sangat jauh berbeda.
  • “Bagai kejatuhan bulan”. Maksud dari pepatah ini ialah mendapat sebuah rejeki yang sangat menyenangkan tanpa diduga-duga.

[/infobox]

[infobox style=”alert-custom pink”]

Perumpamaan: adalah merupakan jenis peribahasa yang berisi kata-kata yang mengungkapkan kelakuan/keadaan dari seseorang dengan perbandingan dari alam sekeliling. Perumpamaan biasanya diawali dengan kata-kata berikut: seperti, bagai, laksana, dan bak.

Contoh Perumpamaan: “Bagai harimau menyembunyikan kuku”. Maksud dari pepatah ini ialah orang yang tidak sombong dengan cara menyembunyikan kekuatannya atau kelebihannya.

[/infobox]

[infobox style=”alert-custom steel”]

Semboyan: adalah merupakan kumpulan kata-kata, kalimat atau frase yang dipakai sebagai prinsip atau pedoman. Contoh semboyan:

  • “Bersih pangkal sehat”. Maksud dari semboyan ini ialah kesehatan harus diawali dengan kebersihan di dalam lingkungan.

[/infobox]

[infobox style=”alert-custom magenta”]

Tamsil/Ibarat: adalah merupakan kiasan yang sering menggunakan kata “ibarat”. Tamsil/ibarat sendiri biasanya bertujuan untuk membuat perbandingan tentang suatu hal atau perkara.

Contoh tamsil/ibarat: “Tua-tua keladi makin tua makin jadi”.  Maksud dari tamsil/ibarat ini adalah ibarat orang yang makin tua usianya, makin berkelakuan seperti anak muda.

[/infobox]

[infobox style=”alert-custom teal”]

Ungkapan: adalah merupakan kiasan tentang keadaan atau kelakuan seseorang yang dinyatakan dengan pepatah ataupun beberapa patah kata. Contoh ungkapan:

  • “Kabar angin”. Maksud dari ungkapan ini ialah gosip belaka.
  • “Berdarah biru”. Maksud dari ungkapan ini ialah kiasan yang digunakan untuk orang dari golongan bangsawan.
  • “Banting tulang”. Maksud dari ungkapan ini ialah kerja keras dan tidak menyerah dalam melakukan sesuatu
  • “Bintang lapangan”. Maksud dari ungkapan ini ialah pemain terbaik dalam sebuah pertandingan
  • “Kepala dingin”. Maksud dari ungkapan ini ialah tenang

[/infobox]

Demikianlah informasi mengenai “Pengertian dan Macam Macam Peribahasa Beserta Contohnya’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Image source: image.google.co.id
Reference: Wikipedia, Wikibooks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *