Tempat dan Cara Menyimpan File di Internet Paling Aman dan Gratis

Posted on 280 views

INFOLLG.NET – Tempat dan Cara Menyimpan File di Internet Paling Aman dan Gratis – Welcome to modern era! Yup, semakin lama, perkembangan teknologi di dunia tentu semakin oke dan membaik. Satu hal lagi yang pasti yaitu, perkembangan tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam menyediakan kebutuhan hidup kita.

Salah satu kebutuhan di era digital saat ini adalah bagaimana cara menyimpan file atau data di internet secara gratis dan aman agar mudah di akses kapanpun dimanapun.

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tempat terbaik untuk menyimpan data tersebut secara online di internet dan terjamin keamanaannya. Langsung aja let’s check it out!

Tempat dan Cara Menyimpan File di Internet Paling Aman dan Gratis

Tempat dan Cara Menyimpan File di Internet Paling Aman dan Gratis

Pada dasarnya banyak sekali situs-situs layanan penyedia jasa penyimpanan data atau file secara online di Internet. Sebut saja iCloud, 4Shared, Dropbox, OneDrive, atau MediaFire.

Namun, jika dilihat dari tingkat keamanan, kemudahan, conektivitas… yang pasti gratis dong! Maka admin memutuskan hanya ada 1 situs yang wajib Anda coba. Apa sih? 😀


Google Drive


Tentu saja! Google Drive tentu nangkring di tempat teratas sebagai tempat gratis dan paling aman untuk menyimpan file di Internet.

Google Drive sendiri pertama kali diluncurkan oleh perusahaan Google pada tanggal 24 April tahun 2012. Layanan ini merupakan lanjutan dan pengembangan dari Google Docs yang telah berdiri 6 tahun sebelumnya, tepatnya pada tanggal 10 Oktober tahun 2006.

Sesuai dengan namanya, fasilitas ini tentu saja disediakan oleh perusahaan raksasa Google. Kita mendapatkan ruang 15 GB secara cuma-cuma untuk menyimpan file apapun yang kita inginkan. 15 GB kurang? Tenang! Google masih bisa memberikan ruang lebih, hanya saja kita harus sedikit merogoh kocek. 😀 Tapi di jamin AMAN!


Kelebihan dan Kekurangan Google Drive


Berikut ini adalah beberapa keunggulan Google Drive yang tawarkan agar Anda menggunakan jasanya:

  1. Bisa digunakan melalui smartphone. Simple kan!? 😀
  2. Bisa digunakan untuk mengolah file folder secara offline (untuk sementara).
  3. Bisa mengedit file dokumen berformat .rtf rich text.
  4. Bisa membaca file dengan format .pdf
  5. Bisa langsung membagikan link (share) hanya dengan sekali klik.
  6. Sudah terintegrasi dengan fasilitas google lainnya.
  7. File yang sudah di upload di Google Drive, akan dapat dengan mudah kita download. Karena SPEED download yang diberikan server google tentunya tidak di limit alias full speed. Apalagi untuk file-file yang besar. Gak kebayang misal mau download file GAME total 5 GB tapi downloadnya di limit 80 kbps. #Whahaha 😀
  8. Dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Dari beberapa keunggulan yang tertera diatas, Admin rasa hanya ada satu kekurangan atau kelemahan Google Drive yang selama ini benar-benar mengganggu. 😀 Apa coba? Tebak!

Yup, tidak salah lagi. Dengan penyimpanan yang sifatnya ONLINE, tentu mau tidak mau, suka tidak suka, maka kita tentu sangat bergantung dengan koneksi internet. Memang sih, tidak hanya Google Drive saja, semua layanan penyimpanan online tentu tetap membutuhkan koneksi internet. 😀

Btw, ngomongin koneksi Intertet di Indo? What?! Gak semua tempat di Indonesia ini mempunyai akses internet yang lancar. Apalagi kalo make provider item oren, hadeh gangguan mulu. 😀 Kalo mau lancar ya make si Merah, tapi…. MAHAL! Hahhaa #Curhat Lanjut ah… 😀


Cara menyimpan file di Internet Menggunakan Google Drive


Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file di Google Drive:

  • Pertama kita tentu harus mempunyai akun google. Belum punya? Langsung aja buat disini [KLIK AJA]
  • Setelah mempunyai akun google, maka kita cukup melakukan pencarian di google dengan mengetikkan ‘DRIVE’ atau ‘GOOGLE DRIVE’. Lihat gambar!

  • Atau bisa juga langsung menuju tempat google drive dan layanan lainnya. Lihat gambar!

Layanan Google Drive untuk menyimpan file data di Internet

  • Setelah masuk, maka kata dapat dengan mudah mengupload atau menyimpan data kita secara online di internet. Disini juga kita dapat dengan mudah mengelompokkan file/data yang kita punya dengan membuat folder-folder yang bisa di ganti warna. 😀
  • Berikut ini adalah tampilan beserta penjelasan pada Google Drive
Tampilan Dasar Google Drive tempat menyimpan file secara online di internet
Klik pada gambar untuk memperbesar. Donwload Full Image boleh juga kok. 🙂

[infobox style=”alert-gradient”]

Keterangan gambar diatas:

  1. Tempat membuat FOLDER BARU untuk mengelompokkan data/file yang kita punya.
  2. Untuk mengupload file yang kita punya ke internet. Setelah di upload kita juga dapat membagikannya/share secara online. Kita bahas nanti ya.
  3. Untuk mengupload folder. Jadi yang kita simpan di Internet secara online berupa folder beserta isi-isinya. Lebih praktis apabila file yang akan kita upload banyak.
  4. Google Docs, ya semacam tempat ngetik (mengolah kata) yang penyimpanannya dapat dilakukan secara online. Kalo bahasa mudahnya si, Microsoft Word nya GOOGLE.
  5. Google Sheet, ya semacam tempat ngetik (mengolah angka) yang penyimpanannya dapat dilakukan secara online. Kalo bahasa mudahnya si, Microsoft Excel nya GOOGLE.
  6. Google Slides, ya semacam tempat ngetik (mengolah file presentasi) yang penyimpanannya dapat dilakukan secara online. Kalo bahasa mudahnya si, Microsoft Powerpoint nya GOOGLE.
  7. Menu lainnya seperti Google Form, Drawings, Maps, Site, dll.
  8. Untuk mengupgrade kapasitas penyimpanan pada google drive. (biasanya bayar kalo mau di upgrade)
  9. Kumpulan folder yang kita buat. Sesuai gambar, masing-masing folder dapat kita ubah warna nya.
  10. Akun google yang kita gunakan.

[/infobox]

Demikianlah informasi mengenai “Tempat dan Cara Menyimpan File di Internet Paling Aman dan Gratis’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Penilaian diatas hanyalah pendapat pribadi berdasarkan pengalaman pribadi Admin dalam menggunakan penyedia layanan penyimpanan file/data secara online. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Image source: image.google.co.id
Reference: Wikipedia dan Google Drive

6 thoughts on “Tempat dan Cara Menyimpan File di Internet Paling Aman dan Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *