Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia Beserta Gambarnya

Posted on 181 views

INFOLLG.NETContoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia Beserta Gambarnya – Hai hai, semuanya… masih ingat dong kalo adaptasi morfologi itu adalah salah satu adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup dengan cara menyesuaikan bentuk alat-alat tubuhnya berdasarkan dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Makhluk hidup yang dimaksud diatas tentu saja adalah manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Pada atikel sebelumnya kita sudah membahas tuntas mengenai adaptasi morfologi pada hewan dan juga  adaptasi morfologi pada tumbuhan.

Oke, pada artikel kali ini mari kita lanjutkan dengan membahas mengenai contoh adaptasi morfologi yang terjadi pada tumbuhan. Gak pake lama, yuk langsung aja kita simak bersama-sama berikut ini:

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia Beserta Gambarnya

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia Beserta Gambarnya

Selain terjadi pada hewan dan tumbuhan, adaptasi morfolagi juga dapat kita jumpai pada Manusia. Pernah gak sih Anda memperhatikan penyesuaian bentuk alat-alat tubuh kita masing, lalu menemukan contoh adaptasi morfologi? 😀

Berikut ini adalah beberapa contoh adaptasi morfologi yang dapat kita jumpai pada manusia, yaitu:

1. Adaptasi morfologi pada bentuk gigi manusia. Gigi manusia terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.

2. Adaptasi morfologi pada bentuk kaki manusia. Kaki manusia memiliki bentuk tegak dengan jari-jari yang berfungsi untuk berjalan.

3. Adaptasi morfologi pada bentuk tangan (jari). Manusia  memiliki jari pada tangan yang berfungsi untuk menggenggam. Gak kebayang dong, kalo tangan kita gak beradaptasi secara morfologi. 😀

4. Adaptasi morfologi pada daun telinga. Bentuk daun telinga manusia beradaptasi secara morfologi (membentuk corong) sehingga dapat berfungsi untuk menangkap getaran suara sehingga kita dapat mendengar.

5. Adaptasi morfologi pada bentuk hidung manusia. Bentuk hidung manusia menonjol keluar. Coba bayangin kalo hidung kita dulu ga beradaptasi, trus menonjol ke dalam? Gimana? 😀

6. Adaptasi morfologi pada bentuk hidung manusia. Bentuk hidung manusia lubangnya menghadap kebawah. Coba bayangin kalo hidung kita dulu ga beradaptasi, trus lubangnya menghadap keatas? Bahaya dong kalo lagi ujan atau mau mandi… 😀

Demikianlah informasi mengenai “Beberapa Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia Beserta Gambarnya’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

All images sources: image.google.co.id and wikihow.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *