Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Terbaru Paling Lengkap

Posted on 53 views

INFOLLG.NETCara Mengambil Uang di ATM Mandiri Terbaru Paling Lengkap Bank Mandiri! Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu BUMN yang di dirikan pada tahun 1998 ini?! Mungkin tidak ada ya?

Bank Mandiri adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan yang bisa kita katakan merupakan salah satu yang terbesar dan bonafide di Indonesia bahkan Dunia.

Sejak didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998, berbagai fasilitas diberikan kepada seluruh nasabahnya dan tentu saja masih terus ditingkatkan. Salah satu yang paling sering digunakan adalah penarikan uang tunai tanpa harus ke Bank. Emang bisa?

Jawabnya bisa banget! ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau dalam bahasa Inggris nya Automatic Teller Machine dari Bank Mandiri sudah tersebar hampir seluruh penjuru Indonesia dan dapat digunakan dengan mudah oleh para nasabah Bank Mandiri yang ingin mengambil uang tanpa harus pergi ke Bank. Lebih fleksibel bukan?

Fleksibel dan tentu saja sangat memberikan kemudahan bari seluruh nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Faktanya?

Ternyata masih cukup banyak juga lho nasabah yang takut, kebingungan atau belum mengetahui bagaimana cara mengambil uang di ATM Mandiri dengan benar. Terlebih lagi (maaf) nasabah yang terbilang baru dan sudah berumur. Atau mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini? 😀 #upss

Tenang… untuk itulah artikel terlengkap mengenai bagaimana sih cara mengambil uang di ATM Mandiri ini kami buat.

Berikut ini kami telah rangkumkan step-step atau cara mengambil uang di ATM Mandiri yang paling lengkap sepanjang masa. 😀 Setidaknya ada 5 situasi yang mungkin saja sedang Anda alami. Apa saja? Let’s check it out!

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Sebelum kita mengetahui step-step atau langkah mengambil Uang di ATM Mandiri ada baiknya kita mengetahui bentuk dari ATM dan posisi bagaimana meletakkan kartu ATM ketika hendak dimasukkan ke dalam mesin ATM. Langsung saja kita lihat gambar berikut ini:

Gambar-Contoh-ATM-Mandiri
Lihat Posisi logo Bank Mandiri

Keterangan gambar:

  1. Gambar diatas terdiri dari tampak depan dan belakang dari kartu ATM Mandiri yang paling umum digunakan (setidaknya menurut admin). Warna kartu ATM yang sedang Anda pakai mungkin saja berbeda.
  2. Perhatikan posisi kartu ATM pada mesin. Posisi bagian depan kartu ATM menghadap keatas, dengan posisi logo Bank Mandiri berada di sebelah kanan. Lihat gambar.

Gimana udah jelas dong? Yuk kita lanjut dengan langkah langkahnya. Cekidot!


1. Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dengan Layar Biasa (Tidak layar sentuh)


Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari Bank Mandiri memang masih ada yang menggunakan mesin lama, maksudnya layar yang digunakan masih konvensional dan merupakan layar biasa (tidak touchscreen).

Penampakan ATM Mandiri yang belum touchscreen biasanya dapat kita kenali dengan masih terdapatnya tombol manual yang berada di samping layar monitor ATM nya. Biasanya tombol ini berjumlah 8 (4 kanan, 4 kiri) yang berbentuk segi empat (persegi).

Apabila ATM Mandiri yang sedang Anda gunakan masih seperti ini, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Gambarnya:

Cara-Mengambil-Uang-di-ATM-Mandiri-dengan-Layar-Biasa-Tidak-layar-sentuh
Lihat urutannya. Maaf gambar tidak terang, wajib baca penjelasan gambar agar lebih paham lagi.

Penjelasan Gambar:

1. Masukkan kartu ATM Mandiri Anda pada slot yang telah disediakan. Biasanya terletak di bagian kanan mesin ATM. Perhatikan posisi memamuskkan kartu ATM nya. (baca pada poin keterangan gambar diatas ya)

2. Setelah kartu masuk, maka pada layar otomatis akan memberikan pilihan bahasa kepada Anda. Ada bahasa ENGLISH dan INDONESIA. Dalam hal ini silahkan pilih sesuai dengan kemampuan bahasa Anda. Dalam contoh kali ini kita pilih INDONESIA 😀 Silahkan tekan tombol (persegi) di sisi layar monitor tepat disamping kata INDONESIA.

3. Selanjutnya Anda dihadapkan menu untuk mengisi PIN ATM Anda. Anda wajib untuk mengingatnya. Atau Anda membawa catatan agar lebih aman dan terhindar dari pemblokiran kartu. Mengapa? Karena jika Anda salah memasukkan PIN lebih dari 3x maka kartu Anda akan diblokir secara otomatis. Bahaya kan? Gak bisa ambil uang pada saat itu. Jadi, sekali lagi, pastikan PIN yang Anda masukkan sudah benar. Lalu, lanjutkan dengan menekan Tombol (persegi) tepat di samping tulisan ENTER.

4. Selanjutnya Anda akan melihat banyak pilihan jumlah uang seperti 100, 300, 500 ribu, hingga 1 juta. Silahkan pilih sesuai keinginan Anda. Apabila Anda menginginkan jumlah lain, silahkan pilih tombol (persegi) tepat di samping tulisan PENARIKAN JUMLAH LAIN. Maka lanjutkan dengan menekan jumlah yang Anda inginkan.

Note: Hal yang perlu Anda ingat, ATM Mandiri menyediakan pecahan Rp. 50.00 dan Rp. 100.000. Jadi, sesuaikan dengaan mesinnya. Pada bagian layar akan tertera tulisan MENU UTAMA (Pecahan Rp. …….) tergantung mesinnya.

Pastikan nominal yang Anda ambil sesuai dengan kelipatan mesinnya.

Misal mesin ATM pecahan 50 ribu, maka Anda bisa mengambil uang sejumlah 1 juta, atau 1 juta 50 ribu. Maksimal 1x pengambilan Rp. 1.250.000 ya. 😀 Kalo lebih dari itu, maka lakukan 2x penarikan.

Apabila mesin ATM pecahan 100 ribu, maka Anda bisa mengambil uang sejumlah 1 juta, 2 juta, 1,5 juta, dan lainnya sesuai kelipatan 100 ribu. Jadi tidak bisa ambil 750 ribu misalnya. Karena bukan pecahan 100 ribu. Oh ya, maksimal 1x penarikan dari pecahan 100 ribu adalah Rp. 2.500.000. Mau lebih dari itu? Ya, tinggal lakukan penarikan selanjutnya.

5. Oke langkah selanjutnya setelah memilih nominal, maka tekan kotak (persegi) pada samping kata BENAR.

6. Selanjutnya Anda akan di tanya apakah ingin mencetak bukti resi. Apabila Anda menginginkannya pilih YA, apabila tidak menginginkannya pilih TIDAK.

7. Tunggu beberapa saat, permintaan Anda sedang di proses. Setelah selesai lalu ambil uangnya pada bagian bawah mesin ATM (biasanya). Ambil juga resinya (jika Anda pilih dicetak).

8. Terakhir tekan kota (persegi) tepat pada tulisan KELUAR. Maka secara otomatis kartu ATM Mandiri Anda akan keluar, dan Transaksi Anda telah berakhir. Pastikan Anda mengambil kartu ATM nya. Jangan sampai tertinggal. Bahaya! 😀


2. Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dengan Layar Sentuh (Touchscreen)


Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara melakukan penarikan tunai di ATM Mandiri layar sentuh, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara ATM Mandiri yang menggunakan layar sentuh dan ATM Madiri yang tidak menggukan layar sentuh.

Berikut ini adalah gambar perbedaan antara keduanya:

ATM-Mandiri-Layar-Sentuh-vs-Layar-Biasa
Lihat perbedaan tombol yang kami lingkari.

Beda bukan? Lalu bagaimana cara mengambil uang di ATM Mandiri yang sudah menggunakan layar sentuh?

Sebenarnya untuk mengambil uang di ATM Mandiri yang sudah menggunakan layar sentuh tidak ada perbedaan sama sekali dengan layar biasa. Hanya saja, yang membedakan adalah; pada saat memilih, kita dapat langsung menekan pilihan yang kita inginkan.

Jadi, kita tidak perlu menekan tombol persegi pada bagian samping layar (karena memang tombolnya tidak ada). 😀

Kita dapat langsung menyentuh atau menekan pilihan yang kita inginkan.

Misal pada step ke-2, saat memilih bahasa, maka kita dapat dengan mudah langsung menekan tulisan ‘INDONESIA’, maka itu berarti kita sudah memilih bahasa Indonesia.

Ingat!

Pada layar biasa, kita memilih menggunakan tombol kota persegi yang tersedia pada bagian samping layar, karena layar tidak bisa disentuh.

Pada layar sentuh, kita memilih dengan langsung menyentuh pilihan yang kita inginkan pada layar. Layar dapat di sentuh. Kota persegi telah hilang (di tiadakan).

Jadi, sekali lagi, ingat cara atau step nya sama persis dengan penarikan tunai pada ATM Mandiri tidak layar sentuh hanya saja, kita dapat langsung memilih dengan menyentuh layarnya.

Gimana udah jelas dong? 😀 Oke kita lanjut dengan situasi berikutnya ya:


3. Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Pakai ATM BRI

4. Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Pakai ATM BCA

5. Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Pakai ATM BNI


Well, untuk situasi ke 3, 4, dan 5 sebenarnya adalah situasi yang hampir sama. Mengapa?

Karena kita akan menarik tunai atau mengambil uang dengan menggunakan kartu ATM Mandiri dengan menggunakan ATM yang berbeda (selain Mandiri).

Lalu bagaimana caranya? Sebenarnya langkah atau step dari masing-masing ATM tidak jauh berbeda. Anda akan dihadapkan pada tampilan menu yang serupa.

Oh ya, ATM Mandiri yang Anda gunakan pastikan melakukan penarikan tunai di ATM bank yang sudah termasuk kedalam jaringan ATMBERSAMA. Daftar Anggota ATM Bersama dari Bank Mandiri dapat dilihat di “BANK PESERTA ATM BERSAMA”.

Selanjutnya apabila Anda sudah berada pada ATM dari Bank Peserta ATM Bersama, berikut adalah langkah-langkah yang umum digunakan:

  1. Pilih mesin ATM Bank Peserta sesuai dengan nominal pecahan yang Anda inginkan (50 atau 100 ribu). Biasanya tertulis pada bagian atas mesin ATM tersebut.
  2. Masukkan kartu ATM Mandiri Anda dengan benar. Lupa? 😀 Lihat step pada ‘cara mengambil uang di ATM Mandiri dengan layar biasa’ yang sudah kami berikan diatas.
  3. Pilih bahasa yang Anda inginkan. ENGLISH atau INDONESIA.
  4. Lalu, masukkan PIN Anda. Biasanya berjumlah 6 digit. Hati-hati jangan sampai salah, karena 3x salah kartu ATM Anda akan di blokir.
  5. Selanjutnya, pilih nominal Angka (jumlah uang) yang ingin Anda ambil. Jika tidak tertera, Anda dapat menentukan pilihan sendiri sesuai kelipatan pada menu ‘PENARIKAN JUMLAH LAIN’ atau ‘PENARIKAN LAINNYA’.
  6. Setelah nominal sesuai, lanjutkan dengan menekan BENAR. Pilih menu REKENING TABUNGAN apabila diminta.
  7. Apabila transaksi berhasil, maka uang Akan segera keluar pada bagian bawah mesin ATM. Ambilah uang Anda.
  8. Lanjutkan dengan memilih YA untuk mencetak RESI atau TIDAK jika tidak ingin mencetak RESI.
  9. Tekan SELESAI untuk menyelesaikan transaksi, maka kartu ATM Mandiri Anda akan otomatis keluar. Segera ambil untuk mencegah ATM Mandiri Anda tertelan. 😀
  10. Selesai.

Note:

Penarikan tunai ATM Mandiri dengan memanfaatkan ATM Bersama (Bukan di Mesin ATM Mandiri) biasanya akan dikenai biaya tambahan atau charge. Berapa bianya? Lihat pada tabel berikut ini:

Rincian Biaya ATM Bersama

NoJenis LayananBiaya
1Cek SaldoRp. 4.000
2TransferRp. 6.500
3Tarik TunaiRp. 7.500
  • Biaya diatas mungkin dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Biaya diatas bersifat 1x penggunaan/transaksi.
  • Tidak ada biaya bulanan pada ATM Bersama.
  • ATM bersama otomatis terdaftar, jadi kita tidak perlu mendaftar.
  • ATM bersama mungkin akan sangat bermanfaat ketika kita sedang membutuhkan uang mendadak, namun ATM yang tersedia tidak sesuai dengan ATM yang kita miliki.

Demikianlah informasi singkat mengenai Berbagai Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Terbaru’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda ataupun orang-orang yang berada di sekitar Anda. Oh ya, apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *