Cara Membakar Sate Kambing yang Empuk Supaya Enak

Posted on 2 views

INFOLLG.NETCara Membakar Sate Kambing yang Empuk Supaya Enak Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal kelezatannya hingga Mancanegara. Namun, untuk membuat sate yang enak ternyata bukan hal yang mudah lho. Salah satu faktor utamanya adalah proses pembakaran. Dengan proses pembakaran sate yang tepat, maka sate yang dihasilkanpun akan semakin enak dan lezat.

Sate berbahan dasar kambing adalah yang paling ‘tricky’ ketika dimasak. Jika proses tidak tepat tentu akan membuat daging terasa keras, kenyal, atau alot pada saat di konsumsi. Jika sudah seperti itu, tentu makan sate tidak akan menjadi nikmat lagi, meskipun dengan bumbu sate yang super enak sekalipun. Pernah ngalaminnya? 😀

Nah, untuk Anda yang mungkin saja mengalami hal tersebut, berikut ini telah kami rangkum beberapa tips tentang bagaimana cara membakar sate (khususnya sate kambing) yang empuk sehingga menjadi sate yang super enak. Apa saja tips nya? Langsung kita simak bersama-sama!

Cara Membakar Sate Kambing yang Empuk Supaya Enak

Cara Membakar Sate Kambing yang Empuk Supaya Enak
Image source: google image

Yakin Sudah Memilih daging yang Tepat?

Memilih daging adalah step pertama untuk membuat sate kambing yang empuk dan enak. Pada saat memilih daging, pastikan daging kambing masih segar terlihat kemerahan atau fresh. Jika perlu, kita melihat langsung proses pemotongan kambingnya.

Jangan gunakan daging kambing yang sudah tidak segar lagi, karena hal itu selain membuat sate menjadi tidak enak, biasanya proses pembakaran akan memakan waktu yang lebih lama.

Jangan di Cuci (Optional) 😀

Menurut seorang chef jebolan Master Chef Indonesia season 4, Denny Gumilang, mencuci daging kambing justru akan membuat teksturnya semakin alot dan keras.

Nah, untuk Anda yang tidak merasa ‘oke’ jika daging kambing tidak dicuci, maka silahkan dicuci terlebih dahulu. Tapi, kalau admin pribadi, dicuci atau tidak dicuci tidak masalah, malah lebih sering tidak dicuci ketika membuat sate. Tapi pastikan dagingnya bersih ya dan masih segar. Jaga higienitasnya!

Potong daging Kambing dengan proporsional

Makan sate dengan daging yang kecil-kecil kadang membuat kita merasa kurang puas, tapi jika daging dipotong terlalu besar, maka bisa membuat proses pembakaran menjadi lebih lama dan beresiko daging kambing menjadi tidak empuk bahkan masih mentah.

Jadi, potonglah daging tidak terlalu besar namun tidak pula terlalu kecil. Potong dengan bentuk dadu dan berlawanan arah dengan uratnya akan membuat sate menjadi lebih nikmat dan instagramable jadi cocok untuk di posting di media sosial. 😀

Bara Api Berpengaruh?

Pembakaran sate menggunakan bara api yang baik tentu akan menghasilkan daging sate yang matang secara merata.

Bara api yang baik adalah bara api yang benar-benar sudah menjadi bara yang konsisten dan tidak ada nyala api, karena hal tersebut bisa menyebabkan daging menjadi gosong.

Perhatikan juga jarak daging dengan bara api, pastikan jangan terlalu jauh dan jangan pula terlalu dekat. Hal ini akan membuat daging matang merata dan tidak gosong. Di jamin sate kambing Anda akan menjadi lebih empuk dan enak.

Tips Pembumbuan

Setelah memilih daging dan memotong daging dengan tepat, selanjutnya kita teruskan dengan proses pembumbuan.

Ada banyak variasi dan cara pemberian bumbu pada saat pembakaran sate, misalnya membakarnya dengan melumuri bumbu terlebih dahulu, atau bakar langsung tunggu hingga setengah matang baru dilumuri bumbu dan dibakar kembali hingga matang.

Tapi untuk Admin pribadi, lebih menyukai merendam sate bersama dengan bumbu untuk beberapa saat, agar bumbu tersebut meresap dan menyatu kedalam daging, setelah itu baru langsung dibakar perlahan hingga matang. Pada saat proses pembakaran, jangan lupa tetap bolak balik sate dan lumuri dengan bumbu kembali agar matang merata dan tidak gosong.

Tips Tambahan tentang Membuat Empuk Daging Kambing

Banyak cara agar daging kambing menjadi lebih empuk dan enak ketika dimakan, berikut ini adalah beberapa tips nya:

  • Gunakan daun singkong, remas-remas daging dengan daun singkong hingga keluar getahnya, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  • Atau cara kedua, bisa juga merendam daging dengan parutan nanas terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit saja.
  • Ada juga yang mengatakan untuk membungkus daging kambing dengan daun pepaya, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Oh ya, jangan terlalu lama membungkus daging kambingnya ya, karena dapat membuat daging menjadi pahit.
  • Bisa juga menggunakan cara orang Eropa untuk mengempukkan daging yaitu dengan memanfaatkan buah pir. Caranya sama dengan buah nanas, namun selain membuat empuk, buah pir juga membuat daging menjadi lebih manis. Pernah coba?
  • Jika Anda kesulitan mendapatkan bahan-bahan alami diatas, mungkin penggunaan backing powder bisa menjadi solusi. Ketika daging dalam kondisi setengah matang, silakahkan tambahkan backing powder ketika hendak melumuri bumbu pada sate yang sedang di bakar.]

Demikianlah informasi singkat mengenai “Tips dan Cara Membakar Sate Kambing yang Empuk Supaya Enak’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Oh ya, apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *