Cara Mengatasi Spasi yang Hilang di Microsoft Word 100% Berhasil!

Posted on 4 views

INFOLLG.NETCara Mengatasi Spasi yang Hilang di Microsoft Word 100% Berhasil! Microsoft Word adalah salah satu aplikasi besutan Microsoft Corporation yang paling umum digunakan ketika seseorang ingin melakukan pengolahan data berupa kata (pengetikan).

Aplikasi Microsoft Word memang sangat mudah untuk digunakan. Tapi, bukan berarti Perusahaan sekelas Microsoft adalah perusahaan yang sempurna. Terkadang ada saja masalah kecil yang membuat penggunanya kebingungan. Misalnya seperti masalah spasi yang hilang atau berantakan.

Anda yang sedang membaca artikel ini seharusnya adalah salah satu pengguna Microsoft Word yang sedang mengalami hal tersebut, bukan?

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Apa yang menyebabkan spasi pada Microsoft Word menjadi berantakan atau bahkan hilang? Lalu bagaimana solusi jitu yang dapat menyelesaikan permasalah tersebut?

Santai… akan kita bahas satu persatu dan kita selesaikan… Yuks lanjut baca…. 😀

Cara Mengatasi Spasi yang Hilang di Microsoft Word

Cara-Mengatasi-Spasi-yang-Berantakan-di-Microsoft-Word

Penyebab Spasi pada Microsoft Word Rusak atau Hilang?

Permasalahan spasi yang menghilang atau rusak pada Microsoft Word sebenarnya dapat terjadi pada beberapa kondisi sebagai berikut:

  1. Kesalahan pada Instalasi
  2. Aplikasi Bajakan
  3. Virus
  4. Downgrade Aplikasi Microsoft Office
  5. Upgrade Aplikasi Microsoft Office

Nah, dari kelima penyebab tersebut maka dapat kita ketahui jawabannya sebagai berikut:

  1. Kalau Anda merasa tidak bisa atau melakukan kesalahan pada instalasi, cara termudahnya adalah melakukan re-instal dengan meminta bantuan sahabat atau kerabat yang bisa melakukan instalasi Microsoft Office dengan baik dan benar.
  2. Aplikasi bajakan sudah tentu merupakan sebuah tindakan Ilegal. 😀 Mohon maaf kami tidak menyarankan untuk menginstal aplikasi bajakan ya. Kecuali kepepet. #upsss
  3. Virus? Ah… ini sih masalah klasik. Setiap komputer yang kita instal dengan berbagai macam aplikasi, maka cepat atau lambat pasti akan terkena virus. Jika virus tersebut ternyata menyerang Microsoft Word Anda, maka silahkan kembali ke jawaban no. 1. Instal ulang! 😀

No. 4 dan 5

Nah… khusus untuk pertanyaan nomor 4 dan 5 ini akan kita bahas sedikit lebih mendalam pada penjelasan dibawah ini. Langsung aja yuks…

Microsoft Office yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi seperti Word, excel, Powerpoint, dan yang lainnya memang diluncurkan menjadi beberapa versi mulai dari Office 98, 2003, 2007, 2010, 2013, 2017, dan yang lainnya.

Pembaruan (updgrade) versi Microsoft Office tentu akan membuat pembaruan pula pada Microsoft Word yang terinstal.

Begitupun sebaliknya, Penurunan versi atau Downgrade Microsoft Office tentu akan membuat pembaruan pula pada Microsoft Word yang terinstal.

Maka dalam beberapa kasus, baik downgrade maupun upgrade akan memberikan dampak atau efek yang kadang mengganggu para pengguna. Salah satunya adalah masalah spasi yang hilang, rusak, atau berantakan.

Contoh kasusnya:

Misal Andi sering menulis tugas atau tulisan lainnya di Microsoft Word 2003, namun seiring berjalannya waktu Andi tertarik untuk mencoba Microsoft Office yang lebih terbaru, misal ia menginstal Microsoft Office 2010.

Lalu apa yang akan terjadi pada tulisan Andi yang diketik pada Microsoft Word 2003? Apakah akan baik-baik saja? Bisa iya, bisa tidak. Masalah umumnya adalah spasi yang berantakan. Apakah Anda sedang mengalaminya saat ini?

Atau pada kasus lainnya:

Budi baru membeli laptop pada tahun 2019, setelah di cek, ternyata laptop tersebut telah terinstal Microsoft Office 2019 Plus, woww! Terbaru dan terkini bukan?

Setelah beberapa waktu, banyak tugas-tugas kuliah dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word 2019, hingga pada akhrinya Budi menyerah.

Tampilan yang berbeda membuat Budi ingin melakukan downgrade Office ke versi 2007. Apa yang terjadi kemudian?? Yup, spasi tugas-tugas kuliah budi menjadi hilang berantakan tak karuan!

Jika hal ini terjadi pada Anda? Apa yang akan Anda lakukan? Memperbaikinya secara manual satu persatu? Ahhh.. bisa gila dong. 😀

Contoh Ketikan yang Spasi nya Rusak tidak Karuan

cara-memperbaiki-spasi-yang-berantakan-di-word-2007

Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan pada Microsoft Word

1. Lakukan Perubahan versi Microsoft Word pada saat Penyimpanan

Cara pertama ini sebenarnya belum tentu berhasil, kadang bisa kadang gagal. Tapi tidak ada salahnya dicoba terlebih dahulu.

Perrtama bukalah file Microsoft yang spasinya rusak, lalu setelah itu lakukan penyimpanan ulang dengan merubah nama dan format filenya.

Caranya tekan F12 atau pilih dan Klik Save as (bukan save), lalu Type nya pilih menjadi word 97-2003 document.

Dengan cara diatas maka format filenya akan berubah yang tadinya .docx maka akan berubah menjadi .doc saja. Semoga berhasil! Masih belum bisa juga? Coba cara kedua!

2. Lakukan Pengaturan pada Office 2010, 2013 atau Versi diatasnya

Cara kedua ini sebenarnya sifatnya pencegahan yang sangat mudah dilakukan, yaitu dengan mengaktifkan fitur compatibility. Caranya?

Silahkan buka file tersebut pada office 2010 atau 2013 yang Anda miliki, lalu ikuti steps berikut ini:

  • Pilih dan klik menu File
  • Pilih dan klik info
  • Pilih dan klik Prepare for Sharing
  • Klik Check Compatibility

Pastikan pada saat melakukan penyimpanan sudah mengaktifkan fitur Check Compatibility ini ya. Jadi, file yang Anda simpan dapat dibuka di Microsoft Office versi yang lebih jadul sekalipun.

Tapi Office 2010 atau 2013 saya sudah Uninstall, saat ini hanya terinstal 2007 saja, tapi file yang saya buka tetap rusak, gimana dong?

Hahaa… itu kan yang mungkin sedang Anda tanyakan? Tenang, apabila hal tersebut Anda alami, maka solusi yang dapat saya tawarkan adalah solusi super untuk mengatasi spasi yang berantakan di Microsoft Word pada step ketiga ini! Cekidot!

3. Lakukan Pengistalan Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3)

Langkah ketiga ini adalah langkah pamungkas! Admin pribadi sudah membuktikannya dan sukses! Pada awalnya setiap melakukan pengetikan, admin menggunakan Microsoft Word 2007, namun karena satu dan lain hal, admin menginstal Office 2013, karena kurang nyaman, maka admin melakukan downgrade kembali ke office 2007, dan wallaah… ketikannya semua bubar! Spasi hilang dan berantakan!

Pusing dong? Solusinya gimana nih? Setelah mencoba beberapa cara, akhirnya semuanya solved dengan menginstal Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3).

Dengan melakukan penginstalan ini, maka Microsoft Office 2007 yang ada di komputer Admin, mampu membaca semua fitur yang tesedia pada office 2010 ataupun 2013. Jadi, spasi nya pun kembali normal dan tidak berantakan.

Silahkan Anda download Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3) pada situs resmi Microsoft Office.

Update: Admin tidak bisa mendapatkan file tersebut pada website resmi Microsoft Office, namun admin masih dapat menemukan file tersebut di Softonic. Silahkan download! 😀

Setelah melakukan download, lalu instal seperti biasa, pilih dan ckeck yang tersedia, klik continue, next, hingga selesai.

Proses penginstalan

Lakukan-Pengistalan-Microsoft-Office-Suite-Service-Pack-3-(SP3)-untuk-Mengatasi-Spasi-yang-Hilang-atau-Rusak
Ukuran file: +350 MB

Setelah selesai, maka silahkan buka kembali file yang tadi spasinya rusak tersebut dan aahaaaayyy!!! File tersebut sudah kembali normal. 😀 Iyya kan? Iyyaa dong? Jika cara ini masih gagal, coba cek kembali apakah Anda sudah melakukan step by step nya dengan benar atau belum. 😀 Selamat mencoba! Semoga berhasil!

Demikianlah informasi mengenai “Tips dan Cara Mengatasi Spasi yang Hilang di Microsoft Word’’ yang dapat  kami hadirkan untuk pembaca setia InfoLLG.net. Oh ya, apabila artikel diatas ada kesalahan, maka kami dengan senang hati menerima kritik dan saran dari Anda. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *